Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan

Authors

  • Nadila Desta Universitas Negeri Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1589

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan menstimulasi pengembangan keterampilan berbicara anak setiap harinya menggunakan kegiatan yang bervariasi sehingga anak tidak mudah bosan sehingga keterampilan bahasa anak berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kemampuan berbicara anak-anak berkembang di TK Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Penelitian semacam ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. untuk menilai bagaimana perkembangan bicara siswa TK Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Subyek penelitian adalah anak-anak kelas B1 di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Kepala TK dan guru TK Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan bertugas sebagai informan penelitian. Teknik untuk mengumpulkan data digunakan, termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yaitu: 1) mengumpulkan data, 2) reduksi data. 3) menyajikan data. 4) verifikasi. Sedangkan teknik triangulasi merupakan teknik pengabsahan data yang digunakan. Perkembangan kemampuan berbicara anak-anak di TK Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan ditunjukkan oleh temuan penelitian. Rencana pelaksanaan harian telah dibuat oleh guru (RPPH). Rutinitas sehari-hari telah diikuti, termasuk bernyanyi, bercakap-cakap, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan bercerita. Selain itu guru juga menggunakan bahasa sederhana, bahasa tubuh dan pertanyaan yang menantang untuk anak. Setelah anak menyelesaikan latihan, guru menilai mereka setiap hari dan melalui pengamatan. Dapat dikatakan bahwa latihan untuk anak-anak untuk memperkuat kemampuan berbicara mereka telah dilakukan dengan baik. Kegiatan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak termasuk berbicara, bernyanyi, dan bercerita.

References

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203-216.

Iftitah, S., L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan. Duta Media Publishing.

Mulyasa.(2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Tema Diri Sendiri Di Tk A Paud Khairin Kids Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(1).

Nurhafizah. (2019). Education, E. C. Training Effective Communication in Early Childhood Teachers.

Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Purwanti, T., Somantri, E. B., & Sudarti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Mikro Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Purwasih, W. (2018). Teknik Penilaian Unjuk Kerja Dan Catatan Anekdot Sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak Di Paud Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna, 2(2).

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Sridayanti, S., Junaidin, J., & Asrul, A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Kelas Vi Sd Negeri 150 Tinabite Kabupaten Bombana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (Jpp), 1(1), 1-7.

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Paud Kelompok B. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153-163.

Tanu, I. K. (2018). Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Yulsyofriend, Y. (2021). Efektivitas Storytelling Dengan Celemek Cerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Nanggalo. Jurnal Golden Age, 5(2), 332-348.

Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Usi Dini. Prenada Media.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-15

How to Cite

Desta, N., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 43–49. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1589