Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1589Keywords:
Keterampilan Berbicara, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini,Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan menstimulasi pengembangan keterampilan berbicara anak setiap harinya menggunakan kegiatan yang bervariasi sehingga anak tidak mudah bosan sehingga keterampilan bahasa anak berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kemampuan berbicara anak-anak berkembang di TK Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Penelitian semacam ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. untuk menilai bagaimana perkembangan bicara siswa TK Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Subyek penelitian adalah anak-anak kelas B1 di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan. Kepala TK dan guru TK Negeri Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan bertugas sebagai informan penelitian. Teknik untuk mengumpulkan data digunakan, termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yaitu: 1) mengumpulkan data, 2) reduksi data. 3) menyajikan data. 4) verifikasi. Sedangkan teknik triangulasi merupakan teknik pengabsahan data yang digunakan. Perkembangan kemampuan berbicara anak-anak di TK Pembina 01 Sutera Pesisir Selatan ditunjukkan oleh temuan penelitian. Rencana pelaksanaan harian telah dibuat oleh guru (RPPH). Rutinitas sehari-hari telah diikuti, termasuk bernyanyi, bercakap-cakap, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan bercerita. Selain itu guru juga menggunakan bahasa sederhana, bahasa tubuh dan pertanyaan yang menantang untuk anak. Setelah anak menyelesaikan latihan, guru menilai mereka setiap hari dan melalui pengamatan. Dapat dikatakan bahwa latihan untuk anak-anak untuk memperkuat kemampuan berbicara mereka telah dilakukan dengan baik. Kegiatan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak termasuk berbicara, bernyanyi, dan bercerita.
References
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203-216.
Iftitah, S., L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan. Duta Media Publishing.
Mulyasa.(2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Tema Diri Sendiri Di Tk A Paud Khairin Kids Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(1).
Nurhafizah. (2019). Education, E. C. Training Effective Communication in Early Childhood Teachers.
Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
Purwanti, T., Somantri, E. B., & Sudarti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Mikro Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Purwasih, W. (2018). Teknik Penilaian Unjuk Kerja Dan Catatan Anekdot Sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak Di Paud Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna, 2(2).
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.
Sridayanti, S., Junaidin, J., & Asrul, A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Kelas Vi Sd Negeri 150 Tinabite Kabupaten Bombana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (Jpp), 1(1), 1-7.
Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Paud Kelompok B. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153-163.
Tanu, I. K. (2018). Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Yulsyofriend, Y. (2021). Efektivitas Storytelling Dengan Celemek Cerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Nanggalo. Jurnal Golden Age, 5(2), 332-348.
Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Usi Dini. Prenada Media.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.