Pengaruh Kegiatan Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Avia Aneli University Of Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1370

Keywords:

Loose part, Motorik, Taman kanak-kanak,

Abstract

Perkembangan anak usia dini memainkan efek yang signifikan pada keterampilan motorik halus. Hampir semua kegiatan yang dilakukan anak-anak membutuhkan keterampilan motorik halus. Artikel ini dibuat dengan menggunakan temuan penelitian yang mencoba menjelaskan jika kegiatan loose part berdampak pada perkembangan motorik halus anak di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi. Peneliti di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi mengamati sejumlah kesenjangan perkembangan pada anak, khususnya pada keterampilan motorik halusnya. Mayoritas anak-anak belum bisa menulis, mewarnai, menangkap, menjiplak, atau menggunting, yang semuanya membutuhkan keterampilan motorik halus. Kendala media pembelajaran dan kemampuan guru merancang pembelajaran menjadi penyebab masalah ini. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quashi dan metodologi kuantitatif. Tes terdiri dari tujuh item dengan peringkat BB(1), MB(2), BSH(3), dan BSB(4). Audiens yang dituju penelitian ini termasuk 72 anak-anak. dengan kelas B3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 15 siswa, dan kelas B1 sebagai kelompok kontrol yang juga berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan loose part di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus dini anak

Author Biography

Avia Aneli, University Of Padang

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

References

Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57–71.

Beloglovsky,M. and Daly,L. (2015). Loose Parts, Inspiring Play in Young Children. Yorkton Court: Readleaf Press.

Danilo Gomes de Arruda. (2021). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 5, 6.

Farida & Regil, Sriandila.(2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Halaman 9769-9775 Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2236/2221.

Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 337–347. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9329

Imamah, Z., & Muqowim. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini melalui Motode Pembelajaran Berbasis STEAM dan Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 15(2), 263-278.

Magfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzel Berpengaruh pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Edurance, 3(1), hlm. 55-60.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muryaningsih, Sri. 2021. Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Jurnal Ilmiah

Nurfadilah, D. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota Keywords : Fine Motor Skills , Collage Games , Kindergarten. Loose Part, 2, 224–230.

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Nurhalizah, M. E., & Yuwafik, M. H. (2020). Women ’ S Participation in the Terrorist Network in the. Jutnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1–181.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pendidikan.Volume 15, No 1, April 2021, Pp. 84-91.

Puspita, W.A, (2019). Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Dengan Muatan STEAM. Jurnal Pendidikan Non Formal. Vol 2(2).

Sadiman, Arief S dkk. 2011: Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dibud dan PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryana, D. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang.

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-09

How to Cite

Aneli, A., & Nurhafizah, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 102–110. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1370

Issue

Section

Articles