Pengaruh Kolase Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2172Keywords:
Kolase, Loose Part, Motorik Halus, Taman Kanak-KanakAbstract
Kurangnya minat guru terhadap media yang mereka gunakan di kelas, khususnya dalam membantu siswa mengasah keterampilan motorik halus mereka, merupakan dasar dari penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk menentukan apakah dan bagaimana guru TK Islam Shabrina Padang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa mereka dengan memasukkan kolase bagian lepas ke dalam rencana pelajaran mereka. Mengetahui bagaimana keterampilan motorik halus siswa TK Islam Shabrina Padang tumbuh saat menggunakan kolase bagian lepas merupakan tujuan utama penelitian ini. Teknik kuantitatif menggunakan metode kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini adalah Islam Shabrina Padang. Dalam penelitian ini, sebanyak 114 siswa SD TK Islam Shabrina Padang (masing-masing kelas B2 dan B3) digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis, uji homogenitas, dan uji normalitas setelah dikumpulkan menggunakan format tes. Berdasarkan hasil penelitian, kelompok kontrol memiliki skor pra-tes sebesar 9,79, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 10,14. Skor pasca-tes kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 14,07 sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata 12,86. Data terorganisasi dan terdistribusi secara normal. Uji hipotesis dianggap berhasil karena kriteria signifikansi kurang dari 0,05 (0,030). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus siswa meningkat ketika mereka menggunakan bahan kolase lepas di TK Islam Shabrina Padang.
References
Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Ayuningrum, D. (2017). 2477-5576-1-Sm.2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok b (5-6 Thn) Melalui Kolase Dengan Bahan Alam Di Tk Cordova Bojongsari Depok., 2(PSYCHO IDEA), 98–108.
Azizah, A. N., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektifitas Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kolase. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–77. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW
Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89.
Hadiyati. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus (Kolase) Anak TK Kelompok B Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Dengan Media Kulit Telur. Jurnal Literasiologi, 1, 14–23. http://www.nber.org/papers/w16019
Hidayat, N., Wiharno, S., & Nursiah, L. (2018). Pengaruh Kadar Serbuk Kayu Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Bio-Briquette Berbahan Dasar Serbuk Kayu dan Tepung Ubi Kayu. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 28(2), 113–122.
Huda, H., Faeruz, R., & Hayati, M. (2019). Permainan Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Kelompok a Tk Muslimat Nu Banjarmasin. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13278
Husnah, A., Sapri, & Lubis, R. (2018). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Kolase Pada Anak Kelompok B Di TK . Islam Terpadu Insan Madani T.A 2017/2018. Jurnal Raudhah, 06(02).
Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12
Mayar, F., Ollyvia, G., Mahdaleni, Mudaris, M. D., & Wahyuni, S. S. (2024). Mengasah Kreativitas Anak Usia Dini dari Bahan Loose Part.
Mayar, F., Wahyuni, D., Wardani, E. K., Hanifah, N., & Hariyati, S. B. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini kreativitas seni rupa menempel kolase mozaik, dan montase (p. 37).
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.
Rahmi. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menyusun Daun Di Taman Kanak-Kanak Amanah Kabupaten Padang Pariaman Taun Pelajaran 2019/2020.
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Setianingsih, A., & Handayani, I. N. (2022). Implementasi Media Loose Parts untuk Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.301
Siahaan, L. H., & Maemunah. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Barang Bekas di TK Atika Thohir Falak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6958–6962.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Apri Nurya). Alfabeta.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.
Yeni, S. (2020). Teknik Pembelajaran Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi di Kelompok B Paud). Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 12–125. https://core.ac.uk/download/pdf/327263919.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 shofiathur Rahmah, Serli Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.