Pengaruh Kolase Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang

Authors

  • shofiathur Rahmah Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2172

Keywords:

Kolase, Loose Part, Motorik Halus, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Kurangnya minat guru terhadap media yang mereka gunakan di kelas, khususnya dalam membantu siswa mengasah keterampilan motorik halus mereka, merupakan dasar dari penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk menentukan apakah dan bagaimana guru TK Islam Shabrina Padang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa mereka dengan memasukkan kolase bagian lepas ke dalam rencana pelajaran mereka. Mengetahui bagaimana keterampilan motorik halus siswa TK Islam Shabrina Padang tumbuh saat menggunakan kolase bagian lepas merupakan tujuan utama penelitian ini. Teknik kuantitatif menggunakan metode kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini adalah Islam Shabrina Padang. Dalam penelitian ini, sebanyak 114 siswa SD TK Islam Shabrina Padang (masing-masing kelas B2 dan B3) digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis, uji homogenitas, dan uji normalitas setelah dikumpulkan menggunakan format tes. Berdasarkan hasil penelitian, kelompok kontrol memiliki skor pra-tes sebesar 9,79, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 10,14. Skor pasca-tes kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 14,07 sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata 12,86. Data terorganisasi dan terdistribusi secara normal. Uji hipotesis dianggap berhasil karena kriteria signifikansi kurang dari 0,05 (0,030). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus siswa meningkat ketika mereka menggunakan bahan kolase lepas di TK Islam Shabrina Padang.

References

Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Ayuningrum, D. (2017). 2477-5576-1-Sm.2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok b (5-6 Thn) Melalui Kolase Dengan Bahan Alam Di Tk Cordova Bojongsari Depok., 2(PSYCHO IDEA), 98–108.

Azizah, A. N., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektifitas Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kolase. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 69–77. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW

Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89.

Hadiyati. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus (Kolase) Anak TK Kelompok B Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Dengan Media Kulit Telur. Jurnal Literasiologi, 1, 14–23. http://www.nber.org/papers/w16019

Hidayat, N., Wiharno, S., & Nursiah, L. (2018). Pengaruh Kadar Serbuk Kayu Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Bio-Briquette Berbahan Dasar Serbuk Kayu dan Tepung Ubi Kayu. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 28(2), 113–122.

Huda, H., Faeruz, R., & Hayati, M. (2019). Permainan Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Kelompok a Tk Muslimat Nu Banjarmasin. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13278

Husnah, A., Sapri, & Lubis, R. (2018). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Kolase Pada Anak Kelompok B Di TK . Islam Terpadu Insan Madani T.A 2017/2018. Jurnal Raudhah, 06(02).

Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12

Mayar, F., Ollyvia, G., Mahdaleni, Mudaris, M. D., & Wahyuni, S. S. (2024). Mengasah Kreativitas Anak Usia Dini dari Bahan Loose Part.

Mayar, F., Wahyuni, D., Wardani, E. K., Hanifah, N., & Hariyati, S. B. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini kreativitas seni rupa menempel kolase mozaik, dan montase (p. 37).

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Rahmi. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menyusun Daun Di Taman Kanak-Kanak Amanah Kabupaten Padang Pariaman Taun Pelajaran 2019/2020.

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Setianingsih, A., & Handayani, I. N. (2022). Implementasi Media Loose Parts untuk Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.301

Siahaan, L. H., & Maemunah. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Barang Bekas di TK Atika Thohir Falak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6958–6962.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Apri Nurya). Alfabeta.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.

Yeni, S. (2020). Teknik Pembelajaran Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi di Kelompok B Paud). Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 12–125. https://core.ac.uk/download/pdf/327263919.pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-26

How to Cite

Rahmah, shofiathur, & Marlina, S. (2024). Pengaruh Kolase Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 93–102. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2172

Most read articles by the same author(s)