Pengaruh Penggunaan Media Karpet Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 06 Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Mitra Khairunnisa Padang State University
  • Serli Marlina Padang State University

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1403

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Media Karpet, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang berkembangnya kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Sebagaimana guru menjelaskan materi dan memberikan contoh tugas kepada anak, setelah itu guru meminta anak untuk mengerjakan tugas-tugas di dilembar kerja anak (LKA). Serta proses pembelajaran kurang menarik minat anak dalam kegiatan berhitung karena terbatasnya penggunaan media yang digunakan guru terhadap kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan media karpet terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di Taman-kanak Sabbihisma 06 Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test group control. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi software IBM Statistics SPSS 26. Hasil dari penelitian diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,029 <0,05. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media karpet dengan kartu angka dan LKA sebesar 1,743 sehingga tingkat pengaruhnya tergolong kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karpet berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.

Author Biographies

Mitra Khairunnisa, Padang State University

Department Early Childhood Education

Serli Marlina, Padang State University

Department Early Childhood Education

References

Ariyanti, & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 Di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak the Importance of Childhood Education for Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Aunio, P. (2019). Early Numeracy Skills Learning and Learning Difficulties—Evidence-based Assessment and Interventions. In Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning (1st ed., Vol. 5). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-815952-1.00008-6

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Publishing.

Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dari Botol Plastik Dan Koran Bekas Untuk Meningkatkan Kreatifitas Aud. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 56. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3457

Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal PGPAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, 2(1), 1–10.

Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224

Klinken, E. van, & Juleff, E. (2015). They Still Can’t Count: Assessing and Supporting Children's Counting Difficulties in the Early Years of Schooling. Australian Primary Mathematics Classroom, 20(4), 9–13. https://www.proquest.com/scholarly-journals/they-still-cant-count-assessing-supporting/docview/1826523261/se-2?accountid=4840https://fsu-flvc.primo.exlibrisgroup.com/openurl/01FALSC_FSU/01FALSC_FSU:Home?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mt

Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Tk Yunior Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 24–25.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, November, 539–546.

Marlina, S., & Pransiska, R. (2018). Pengembangan Pendidikan Seks Di Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3743

Mukharamah, Yuhasriati, Rosmiati, Suhartati, Fauzia, S. N., Nessa, R., & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan Media Karpet Engklek untuk Memperkenalkan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 6(3), 43–54.

Netriwati, & Lena, M. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Permata Net. https://books.google.co.id/books?id=jHGNDwAAQBAJ&pg=PA3&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false

Raghubar, K. P., & Barnes, M. A. (2017). Early numeracy skills in preschool-aged children: a review of neurocognitive findings and implications for assessment and intervention. Clinical Neuropsychologist, 31(2), 329–351. https://doi.org/10.1080/13854046.2016.1259387

Sulastri, S., Sirodjuddin, M. K., & Komala. (2020). Penerapan Permainan Karpet Bilangan Angka 1-20 Dalam Penguasaan Number Sense Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 212–218.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

UUD RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Sinar Grafika.

Wahyuningsih, P. (2018). Penerapan Algoritma Greedy Untuk Mendeteksi Aktivitas Lansia Pada Karpet Menggunakan Arduino Mega. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 3(1), 51–60. https://doi.org/10.24252/instek.v3i1.4811

Zulminiati. (2018). Program Stimulasi Sensori Perabaan Melalui Media Tiga Dimensi (Balok) untuk Anak Toddler. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia DiniJurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 23–28.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-04

How to Cite

Khairunnisa, M., & Marlina, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Karpet Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 06 Kabupaten Padang Pariaman. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 44–53. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1403

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)