SURVEI PERAN ORANGTUA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN ANAK DI RUMAH DAN DI SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI 53

Authors

  • Yona Aldi Ruspa Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1058

Keywords:

Peran Orangtua, Menunjang Pendidikan, Di rumah dan Di Sekolah,

Abstract

Orangtua mempunyai peran yang sangat penting bagi anak.,baik dalam kehidupan keluarga  maupun  dalam  pendidikannya. Tunjangan  dan  dukungan yang diberikan oleh orangtua juga berpengaruh terhadap tercapainya pembelajaran anak di sekolah. Oleh karena itu, peranan orangtua sangat penting dalam menunjang pendidikan anak baik di rumah dan di sekolah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat sejauh manakah peran orangtua dalam menunjang pendidikan anak di rumah dan di sekolah di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan angket sebagai alat untuk pengumpulan data. Penelitian ini menyatakan bahwasanya rata-rata secara keseluruhan peran orangtua dalam menunjang pendidikan anak di rumah dan di sekolah di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya mencapai angka sebesar 83,98 % yang berada pada kategori cukup dengan skor >= 62,5%, yaitu bisa dikatakan peran orangtua dalam menunjang pendidikan anak di rumah dan disekolah berada pada kategori cukup berperan.

Author Biography

Yona Aldi Ruspa, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang 

References

Diana, I. N., & Susilo, H. (2020). Kerjasama Orangtua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelompok Bermain Mambaul Ulum. J+ Plus Unesa, 2, 94. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/36184

Hatimah, I. (2014). Keterlibatan keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitraan. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 290–297.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. A ṣ - ṣ Ibyan, 1(1), 60–71.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran pada Anak dalam Keluarga. Jurnal FamilyEdu, III(1), 35–45. http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/download/5907/4664

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Ma’sum, T. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Marlina, S. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., Vol.6,No.2.

Marlina, S., & Pransiska, R. (2018). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SEKS DI TAMAN KANAK-KANAK. Yaa Bunayya, 2, 1–12.

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Nasution, I., & Surharian. (2020). PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Visipena, 11(2), 266–280.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Pratama, D., Salim, I., & Supriadi. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENIGKATKAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA PIASAK HILIR KECAMATAN SELIMBAU.

Rahmi, M. (2020). Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(Maret-Agustus 2020), 81–105.

Sari, D. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. November.

Sekarini, I., & Supardi. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembinaan Perilaku Anak Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Rasyid. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4491–4496.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran).

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-10-05

How to Cite

Ruspa, Y. A., & Marlina, S. (2022). SURVEI PERAN ORANGTUA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN ANAK DI RUMAH DAN DI SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI 53. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 314–329. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1058

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)