Pengaruh Teknik Ecoprint Kelompok Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kartika 1.61 Kota Padang

Authors

  • nurul hilda ningsih Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2124

Keywords:

Group Ecoprint Engineering;, Collaboration Ability;, Early childhood;

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari Tidak adanya kegiatan bermain kelompok telah mencegah kemampuan kooperatif anak-anak berkembang, yang merupakan kekuatan pendorong untuk penelitian ini. Inilah sebabnya mengapa peneliti menyelidiki bagaimana metode ecoprinting memengaruhi kemampuan anak-anak untuk bekerja sama. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana teknik ecoprint kelompok memengaruhi keterampilan kerja sama anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun di TK Kartika 1.61 di Kota Padang. Eksperimen semu, teknik kuantitatif, adalah metode penelitian yang digunakan. 24 anak dan sampel dari kelas B1 dan B2 di TK Kartika 1.61 di Kota Padang menjadi populasi penelitian. Total Sampling adalah strategi pengambilan sampel yang digunakan, dan dua kelas yang digunakan adalah B1 (kelas eksperimen) dan B2 (kelas kontrol), keduanya memiliki 12 siswa. Tes dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Selain itu, uji homogenitas, kenormalan, dan hipotesis digunakan dalam prosedur analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pra-tes kelas eksperimen adalah 9,75 dan kelas kontrol adalah 8,25, sedangkan rata-rata skor pasca-tes kelas eksperimen adalah 21,67 dan kelas kontrol adalah 18,67. Selanjutnya, uji-t menghasilkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,002 < 0,05. Ditetapkan bahwa pendekatan ecoprint kelompok di TK Kartika 1.61 Kota Padang berdampak pada kemampuan kolaborasi anak usia 5 sampai 6 tahun

References

Amelia & Sri Sumarni. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.

Astini, B. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Terhadap Keterampilan Sains Sederhana. 7.

Avcarina, N. I., Pudjawan, K., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Kerjasama Kelompok B Gugus Vi Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 150–160.

Dacholfany, I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. AMZAH.

Erikson, E. (1989). Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Gramedia.

Faridatun, F. (2022). Ecoprint Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 232–233. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9002

Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas penerapan teknik ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75–79. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2646

Khadijah. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

Nyoman, D., & Dewi, Y. (2021). Penerapan Teknik Eco Print Menggunakan Buah Dan Sayur. Journal of Fashion Design, I(1), 152–158.

Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding pada Anak Sanggar Alang-Alang, Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(2), 308–317. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va

Pebrianti, M., Syaikhu, A., Nadar, W., Al-mukhlisin, G. R. A., & Depok, C. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Project Learning Display Class. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 148–158.

Perlina, P., & Nurhafizah. (2020). Pengembangan Sosial Anak Dalam Aspek Kerjasama di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3071–3082.

Safitri, N. F., Astini, B. N., Luh, N., & Nina, P. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. 8, 403–409.

Sakinah, & Dalimunthe, D. S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 26–44. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166

Selvi jantrika, S., & Marlina, S. (2021). Dampak Pembelajaran Saat Pandemi Dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Anak Di Tk Negeri Pembina 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1236

Shofiah, A. N., & Fauzi. (2023). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 207–218. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Ummisarah, U., Irham, M., Putri Efendy, M., & Silvi, J. (2023). Membangun Serta Meningkatkan Kreativitasan Anak-Anak Melalui Rumah Belajar Dan Ecoprint Di Desa Sungai Pinang. Jdistira, 3(2), 16–21. https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.515

Waruwu, F. S., & Marlina, S. (2022). Pendekatan Pembelajaran Dalam Menstimulasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 188–203. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.390

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-27

How to Cite

hilda ningsih, nurul, & Marlina, S. (2024). Pengaruh Teknik Ecoprint Kelompok Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kartika 1.61 Kota Padang. JCE (Journal of Childhood Education). https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2124

Section

Articles