METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.736Keywords:
metode, kemandirian, anak usia dini,Abstract
Berdasarkan permasalahan kondisi pandemi yang sedang dialami dunia tentunya berpengaruh bagi anak usia dini salah satunya kemandirian dalam menjaga diri seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta kemandirian lainnya yang dilakukan disekolah tentunya butuh arahan dari guru agar karakter kemandirian ini dapat diterapkan sehingga anak tidak bergantung dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pengembangan karakter kemandirian pada masa pandemi di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa metode ceramah dapat meningkatkan karakter kemandirian pada masa pandemi, dengan memberikan nasehat-nasehat kepada anak seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setelah beraktifitas serta kemandirian lainnya disekolah. Selain metode ceramah variasi metode yang digunakan berupa metode bernyanyi seperti nyanyian cuci tangan sebelum makan, metode cerita menggunakan buku karakter, metode bercakap-cakap serta melakukan dramatisasi cara mencuci tangan sangat baik dalam mengembangkan karakter kemandirian. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pengembaangan karakter kemandirian pada masa pandemi dapat digunakan metode ceramah serta memvariasikan dengan metode lain seperti bernyanyi, bercerita serta bercakap-cakap.Â
kata kunci:Â
References
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529
Chasanah, Lailatul. 2016. penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di PAUD karakter pelangi nusantara. semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan. semarang: universitas negeri semarang.
Fajriyah, L., & Amala, N. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 PENDAHULUAN ( urgensi , novelty , kontribusi ) Covid-19 yang melanda seluruh dunia sangat berdampak pada semua lapisan masyarakat , salah sat. 1, 207–217.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id
Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Prambon Nganjuk: CV Adjic Media Nusantara.
Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.
priyanto. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Suwardani, Ni putri. 2020. “QUO VADIS†Pendidikan Karakter: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Bali: UNHI Press
Tanu, I Ketut. 2018. Penggunaan Metode Mengajar Di PAUD Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya Vol 3 No 2
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
Yaumi, muhammad. 2014. Pendidikan karakter: landasan, pilar, dan implementasi. Jakarta: kencana
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip desain pembelajaran: disesuaikan dengan kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD Dan Sekolah). Depok. PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.