METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM

Authors

  • Ninda Trinovia universitas negeri padang
  • Serli Marlina universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.736

Keywords:

metode, kemandirian, anak usia dini,

Abstract

Berdasarkan permasalahan kondisi pandemi yang sedang dialami dunia tentunya berpengaruh bagi anak usia dini salah satunya kemandirian dalam menjaga diri seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta kemandirian lainnya yang dilakukan disekolah tentunya butuh arahan dari guru agar karakter kemandirian ini dapat diterapkan sehingga anak tidak bergantung dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pengembangan karakter kemandirian pada masa pandemi di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa metode ceramah dapat meningkatkan karakter kemandirian pada masa pandemi, dengan memberikan nasehat-nasehat kepada anak seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setelah beraktifitas serta kemandirian lainnya disekolah. Selain metode ceramah variasi metode yang digunakan berupa metode bernyanyi seperti nyanyian cuci tangan sebelum makan, metode cerita menggunakan buku karakter, metode bercakap-cakap serta melakukan dramatisasi cara mencuci tangan sangat baik dalam mengembangkan karakter kemandirian. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pengembaangan karakter kemandirian pada masa pandemi dapat digunakan metode ceramah serta memvariasikan dengan metode lain seperti bernyanyi, bercerita serta bercakap-cakap. 

kata kunci: 

References

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Chasanah, Lailatul. 2016. penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di PAUD karakter pelangi nusantara. semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan. semarang: universitas negeri semarang.

Fajriyah, L., & Amala, N. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 PENDAHULUAN ( urgensi , novelty , kontribusi ) Covid-19 yang melanda seluruh dunia sangat berdampak pada semua lapisan masyarakat , salah sat. 1, 207–217.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id

Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Prambon Nganjuk: CV Adjic Media Nusantara.

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

priyanto. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Suwardani, Ni putri. 2020. “QUO VADIS†Pendidikan Karakter: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Bali: UNHI Press

Tanu, I Ketut. 2018. Penggunaan Metode Mengajar Di PAUD Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya Vol 3 No 2

Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695

Yaumi, muhammad. 2014. Pendidikan karakter: landasan, pilar, dan implementasi. Jakarta: kencana

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip desain pembelajaran: disesuaikan dengan kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD Dan Sekolah). Depok. PT Raja Grafindo Persada

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-30

How to Cite

Trinovia, N., & Marlina, S. (2022). METODE PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.736

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)