Pengaruh Teknik Stencil Print Berkelompok Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-61 Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2123Keywords:
Group Stencil Print Technique;, Collaboration Skills;, Early childhood;Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyaknya siswa TK Kartika 1-61 Padang yang belum mampu mengembangkan kemampuan kooperatifnya. Anak-anak masih mengalami kesulitan dalam hal berbagi dan tanggung jawab, serta lebih suka menyelesaikan tugas sendiri. Permasalahan ini terlihat jelas ketika anak-anak mengikuti kegiatan belajar kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik cetak stensil kelompok terhadap kemampuan kooperatif anak TK Kartika 1-61 Padang. Peneliti menggabungkan teknik quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 24 anak yang menjadi populasi penelitian dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas B1 dan B2. Penelitian ini menggunakan strategi total sampling dengan mengambil sampel dari seluruh anggota populasi, yaitu seluruh 12 anak di kelas B1 dan B2, dengan kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui pengujian, observasi, dan pengambilan dokumentasi video. Pertama, dilakukan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji homogenitas, dan terakhir uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata skor kemampuan kolaborasi anak di kelas eksperimen meningkat drastis dari 12,83 (pre-test) menjadi 29,58 (post-test) setelah teknik cetak stensil kelompok digunakan. Kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 11,58 menjadi 25,17, sehingga peningkatan ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Selanjutnya diperoleh nilai P yang bersifat dua sisi (0,001 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa TK Kartika 1-61 Padang dipengaruhi oleh teknik cetak stensil ketika digunakan secara kelompok
References
Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.
Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Budiwirman. (2012). Seni, Seni Grafis Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. UNP Press.
Hadaina, N., & Astawan, G. (2021). Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 2021–2029. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/31116
Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. CV Merdeka Kreasi Group.
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok a. Mimbar Ilmu, 24(2), 212. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3038–3040.
Qalbi, Z., Ayu Herawati, A., Daryati, M. eka, & Marlina, S. (2023). Efektivitas Layanan Informasi Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Permainan Lokal Serawai “Sesiku” Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kerjasama Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 183–190. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3484
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177
Rosmita, E. (2019). Kaligrafi Arab Tentang Kejadian Manusia Menurut Al-Quran Dalam Karya Seni Grafis (Stencil Print). Artikel, 2, 1–13.
Selvi jantrika, S., & Marlina, S. (2021). Dampak Pembelajaran Saat Pandemi Dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Anak Di Tk Negeri Pembina 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1236
Sudaryono. (2019). Metodologi Pennelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (edisi 2. c). Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia. Alprin.
Yeni, P. Y. P. dan I. (2023). Efektifivitas Stencil Print Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mekar Bunga Padang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 211–217. http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/arraihanah%0AEfektivitas
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Section
License
Copyright (c) 2024 nurul azilawati, Serli Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.