Hubungan Perilaku Prososial dengan Kemampuan HOTS Anak Usia 5-6 Tahun

Kontribusi Perilaku Prososial dengan Kemampuan Hots Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Zulhijrawanti Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang
  • Imam Muthie Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2131

Keywords:

Prosocial skills, Critical thinking skills (HOTS), Early Childhood Education, Critical thinking

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan disekolah yang bersifat monoton dan konvensional sehingga kemampuan HOTS tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan perilaku prososial dan HOTS pada anak usia dini. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan linieritas serta uji hipotesis menggunakan persamaan korelasi Pearson Product Moment. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui penyebaran angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku Prososial & Kemampuan Hots  anak usia 5-6 tahun di TK Jihad berkembang sesuai dengan harapan   (2) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku prososial dengan kemampuan HOTS anak usia 5-6 tahun (3) Perilaku Prososial dan kemampuan berpikir kritis (HOTS) saling terkait dan saling menguntungkan. Tingkatan keeratan hubungan antara perilaku prososial dengan kemampuan berpikir kritis (HOTS) anak yaitu sebesar 0,78 dan termasuk hubungan yang kuat. Hal tersebut menggambarkan perilaku prososial pada masa awal kehidupan anak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, oleh karena itu program pembelajaran PAUD harus menekankan pada perilaku prososial untuk memfasilitasi perkembangan anak secara optimal.

References

Aisyah. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2)(2), 46–54.

Eisenberg, N., & Mussen, P. . (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. Cambridge University Press.

Harjanty, R., & Muzdalifah, F. (2022). Implementation of STEAM project-based learning in developing early childhood cooperation. Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 47–56.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). METODOLOGI PENELITIAN (I. Ismail (ed.)). GUNADARMA ILMU.

Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Muhtarom. (2024). MEMPROMOSIKAN PEMIKIRAN KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (C. Anwar (ed.)).

Kusumawardani, C. A., & Soetjiningsih, C. H. (2022). EMPATI DAN PERILAKU PROSOSIAL PADA RELAWAN JOGO TONGGO. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7133–7140.

Marlina, S. (2021). Studi Sosial AnaK Usia Dini. PACE.

Marlina, S., Gistituati, N., Moeis, I., Solfema, & Suryana, D. (2023). Prosocial Stimulation based on Behavior Problems to Develop Childrens Social Skills in Kindergarten. Journal For Re Attach Therapy and Developmental Diversities, 721–732.

Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 507–516. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/614/533

Sumbawa, R. O., Munawar, M., & Sagala, A. C. D. (2022). Pola Komunikasi Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Hots Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Paud Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 538–547. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.13245 Pola

Sutama, I. W., Astuti, W., Pramono, Ghofur, M. A., N., D. E., & Sangadah, L. (2021). Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Maker. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/736

Utari. (2011). Taksonomi Bloom. Jurnal Pusdiklat KNPK, 1.

Utoyo, S. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Ideas Publishing.

Vygotsky, L. (1978). Mind in Society (The Development of Higher Psychological Processes) (M. Cole, V. J. Steiner, S. Scribner, & E. Souberman (eds.)). Harvard University Press.

Wijayanti, T. D. (2023). Analisis Capaian Higher Order Thingking Skills (HOTS) Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Projek. JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial), 12(1), 5–11. websites: https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE

Zahroh, S., & Na’imah. (2020). No Title. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Volume 7, 1–9.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-20

How to Cite

Zulhijrawanti, Marlina, S., & Muthie, I. (2024). Hubungan Perilaku Prososial dengan Kemampuan HOTS Anak Usia 5-6 Tahun: Kontribusi Perilaku Prososial dengan Kemampuan Hots Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 48–57. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2131

Most read articles by the same author(s)