Efektivitas Permainan Dadu Kata Modifikasi dalam Pengembangan Keterampilan Prososial Anak di TK Latihan SPG ‘Aisyiyah

Authors

  • Monica Engfita wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2181

Keywords:

Early childhood, Word dice, Prosocial skills

Abstract

Penelitian ini didorong oleh berbagai masalah yang menunjukkan kurangnya kolaborasi dan perhatian anak-anak dalam kegiatan yang berhubungan dengan sekolah; ketika diberi tugas oleh guru, anak-anak lebih suka bekerja dengan teman dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan seberapa baik permainan dadu kata yang dimodifikasi di taman kanak-kanak pelatihan SPG 'Aisyiyah menumbuhkan perilaku prososial pada pelajar muda. Melalui metode kuasi-eksperimental, desain penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Semua 24 siswa yang terdaftar di taman kanak-kanak pelatihan SPG 'aisyiyah merupakan populasi penelitian; mereka dibagi menjadi dua kelas, B1 dan B2. Purposive sampling adalah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel. Tes yang terdiri dari lima item pertanyaan digunakan sebagai bagian dari teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan SPSS, prosedur analisis data menggunakan homogenitas, kenormalan, dan pengujian hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan efektivitas varians dan N-gain untuk kelas eksperimen menggunakan permainan kontrol balok dan permainan dadu kata. maka nilai sig (2-tiled) hasil uji hipotesis adalah 0,032 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keterampilan prososial anak di TK Binaan SPG 'aisyiyah dipengaruhi secara signifikan oleh permainan dadu kata modifikasi

References

Ardhiani, N. R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Perilaku Prososial Anak dalam Menunjang Aspek Sosial Emosional. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 540-550.

Afrianti, N., & Anggraeni, D. (2016). Perilaku prososial remaja dalam perspektif bimbingan konseling islami. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 77–90.

Agung, A. W. (2023). Peran Dinas Sosial Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Kota Metro Tahun 2022.

Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amiran, S. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Ardhiani, N. R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Perilaku Prososial Anak dalam Menunjang Aspek Sosial Emosional. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 540–550.

Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial di sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92.

Beaty, R. E., & Silvia, P. J. (2013). Metaphorically speaking: Cognitive abilities and the production of figurative language. Memory & Cognition, 41, 255–267.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190.

Hasanah, N., & Drupadi, R. (2020). Perilaku prososial anak selama pandemi covid-19. BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 97–107.

Khadijah, K., & Sitompul, L. R. (2020). Permainan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 63–68.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran orang tua dalam mengembangkan perilaku berbagi dan menolong pada anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33–42.

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola asuh ayah dalam perilaku prososial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922.

Maulidda, A., & Marlina, S. (2023). Efektivitas Permainan Galah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 531–541.

Mayar,F.(2017). Emosi Bahagia dalam Menggambar Di Taman Kanak- kanak.

Raposa, E. B., Laws, H. B., & Ansell, E. B. (2016). Prosocial behavior mitigates the negative effects of stress in everyday life. Clinical Psychological Science, 4(4), 691–698.

Sofiani, W. (2012). Peningkatan Membaca Anak Melalui Permainan Dadu Kata Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Naras Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4).

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2014). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-02

How to Cite

Engfita wahyuni, M., & Marlina, S. (2024). Efektivitas Permainan Dadu Kata Modifikasi dalam Pengembangan Keterampilan Prososial Anak di TK Latihan SPG ‘Aisyiyah. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 1–8. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2181

Most read articles by the same author(s)