Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhdap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2116Keywords:
Parenting, Character Building, Discipline CharacterAbstract
Anak-anak mempelajari sebagian besar kehidupan mereka di dalam keluarga, yang juga menyediakan landasan yang kokoh untuk mengembangkan karakter saat mereka dewasa. Selain cara orang tua bersikap terhadap anak-anak mereka, pola asuh adalah hubungan yang dimiliki orang tua dengan mereka untuk mencintai, melindungi, membimbing, mengarahkan, dan mendidik mereka dalam kehidupan sehari-hari. Pola asuh sejak dini sangat penting dalam pengembangan karakter disiplin pada anak-anak. Orang tua dapat membantu anak-anak dalam pengembangan karakter disiplin yang kuat sejak dini dengan mempraktikkan pola asuh yang tepat dan konsisten. Penelitian ini menggunakan pendekatan Ex-post Facto dan bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari guru wali kelas B dan orang tua anak-anak. Kuesioner digunakan sebagai sarana pengumpulan data. Data ditemukan terdistribusi secara teratur dan linier, menurut temuan tersebut. Hubungan antara gaya pengasuhan dan pengembangan disiplin dan karakter anak diwakili oleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,520-0,566, menurut temuan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment. Pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara pola asuh dengan kedisiplinan anak, karena nilai signifikansinya sebesar 0,520-0,566 > 0,294.
References
Aziz, A., Muhibbah, S., dan Konseling, B., Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, F., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Tirtayasa. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 66–80.
Budiati, N. S. (2018). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Dasar-Dasar Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016. Master’s Thesis, Universitas Islam Indonesia.
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian. In Samudra Biru.
Darmawanti, R. R. (2023). Pola asuh dapat diartikan sebagai sistem, cara kerja, atau bentuk dalam upaya menjaga, merawat, mendidik, dan membimbing anak kecil supaya dapat berdiri sendiri. IJAGAED: Indonesia Jurnal Of Islamic Golden Age Education, 3(2), 64–78.
Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970
Hardianti, F., & Adawiyah, R. (2023). (Dampak Pola Asuh Orang Tua)Farlina Hardianti Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. 7(01), 171–177. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i01.17444
Hariyanto, H., Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru PPKn Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i1.85
Jamluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Pustaka Setia.
Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers.
Mardapi, D. (2017). Penilaian Pendidikan Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta.
Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.
Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Muhsin, A. (2017). Upaya Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Didusun. Dinamika Vol 2 No 2, 7(2), 133.
Munsch, J. A., & Levine, L. E. (2016). Child Development From Infancy to Adolescence. SAGE.
Nurjanah, S. (2017). MESUJI TAHUN 2017 Oleh : SITI NURJANAH Jurusan : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1439 H / 2017 M. 3.
Rani Handayani. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797
Schohib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi yang Berkarakter. Rineka Cipta.
Sheillamita, G., Syachroji, A., & Rokhmanah, S. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI PGSD, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia Corresponding Email: 2227220041@untirta.ac.id. 14(2), 66–78. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 21.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Rosda.
Syamsiah, Mulyadi, & Nurdiansyah, E. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(3), 167–178.
Wara, Z. A., & Marlina, S. (2019). Jadwal Kegiatan pada Sekolah Sehari Penuh dalam Menanamkan Kedisiplinan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5376
Wulandari, O., Zubaedi, & Syafri, F. (2021). Pemikiran Ratna Megawangi pada Pengembangan Karakter Toleransi, Cinta Damau, dan Bersatu Anak Usia Dini pada Tinjauan Pendidikan Islam. Journal of Early Childhooh Islamic Education, 5(1), 84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anyla Hayatun Nufus, Serli Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.