Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhdap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras

Authors

  • Anyla Hayatun Nufus Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2116

Keywords:

Parenting, Character Building, Discipline Character

Abstract

Anak-anak mempelajari sebagian besar kehidupan mereka di dalam keluarga, yang juga menyediakan landasan yang kokoh untuk mengembangkan karakter saat mereka dewasa. Selain cara orang tua bersikap terhadap anak-anak mereka, pola asuh adalah hubungan yang dimiliki orang tua dengan mereka untuk mencintai, melindungi, membimbing, mengarahkan, dan mendidik mereka dalam kehidupan sehari-hari. Pola asuh sejak dini sangat penting dalam pengembangan karakter disiplin pada anak-anak. Orang tua dapat membantu anak-anak dalam pengembangan karakter disiplin yang kuat sejak dini dengan mempraktikkan pola asuh yang tepat dan konsisten. Penelitian ini menggunakan pendekatan Ex-post Facto dan bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari guru wali kelas B dan orang tua anak-anak. Kuesioner digunakan sebagai sarana pengumpulan data. Data ditemukan terdistribusi secara teratur dan linier, menurut temuan tersebut. Hubungan antara gaya pengasuhan dan pengembangan disiplin dan karakter anak diwakili oleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,520-0,566, menurut temuan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment. Pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara pola asuh dengan kedisiplinan anak, karena nilai signifikansinya sebesar 0,520-0,566 > 0,294.

References

Aziz, A., Muhibbah, S., dan Konseling, B., Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, F., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Tirtayasa. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 66–80.

Budiati, N. S. (2018). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Dasar-Dasar Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016. Master’s Thesis, Universitas Islam Indonesia.

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian. In Samudra Biru.

Darmawanti, R. R. (2023). Pola asuh dapat diartikan sebagai sistem, cara kerja, atau bentuk dalam upaya menjaga, merawat, mendidik, dan membimbing anak kecil supaya dapat berdiri sendiri. IJAGAED: Indonesia Jurnal Of Islamic Golden Age Education, 3(2), 64–78.

Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970

Hardianti, F., & Adawiyah, R. (2023). (Dampak Pola Asuh Orang Tua)Farlina Hardianti Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. 7(01), 171–177. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i01.17444

Hariyanto, H., Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru PPKn Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i1.85

Jamluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Pustaka Setia.

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers.

Mardapi, D. (2017). Penilaian Pendidikan Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Muhsin, A. (2017). Upaya Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Didusun. Dinamika Vol 2 No 2, 7(2), 133.

Munsch, J. A., & Levine, L. E. (2016). Child Development From Infancy to Adolescence. SAGE.

Nurjanah, S. (2017). MESUJI TAHUN 2017 Oleh : SITI NURJANAH Jurusan : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1439 H / 2017 M. 3.

Rani Handayani. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Schohib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi yang Berkarakter. Rineka Cipta.

Sheillamita, G., Syachroji, A., & Rokhmanah, S. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI PGSD, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia Corresponding Email: 2227220041@untirta.ac.id. 14(2), 66–78. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 21.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Rosda.

Syamsiah, Mulyadi, & Nurdiansyah, E. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(3), 167–178.

Wara, Z. A., & Marlina, S. (2019). Jadwal Kegiatan pada Sekolah Sehari Penuh dalam Menanamkan Kedisiplinan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5376

Wulandari, O., Zubaedi, & Syafri, F. (2021). Pemikiran Ratna Megawangi pada Pengembangan Karakter Toleransi, Cinta Damau, dan Bersatu Anak Usia Dini pada Tinjauan Pendidikan Islam. Journal of Early Childhooh Islamic Education, 5(1), 84.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-27

How to Cite

Nufus, A. H., & Marlina, S. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhdap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 138 –. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2116

Most read articles by the same author(s)