Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Korelasi di TK Islam Al Azhar 32 Padang)

Authors

  • Heldinda Violina Universitas Negeri Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2237

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Anak, Taman Kanak-kanak

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang dilatarbelakangi oleh tingkat kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 32 Padang belum sesuai dengan aspek perkembangan yang seharusnya dimiliki anak usia 5-6 tahun. Kemandirian anak merupakan salah satu indikator penting dalam aspek perkembangan mereka terutama aspek kognitif, fisik, motorik dan emosional, sementara pola asuh orang tua merupakan peran yang krusial dalam membentuk karakter dan perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap tingkat kemandirian anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang, dengan sampel anak di Kelas B Makkah, B Madinnah dan B Mina. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data bersifat korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat kemandirian anak dan berbagai jenis pola asuh orang tua, termasuk pola asuh otoriter, permisif, dan demokratis. Analisis data menggunakan uji validasi, uji reabilitas dan teknik korelasi. Uji validitas untuk menguji kuallitals instrument penelitialn dilalkukaln vallidalsi dengaln palkalr alhli daln perhitungaln staltistik. Sedangkan uji reabilitas untuk menentukan apakah instrumen yang digunakan riabel atau tidak menggunakan perhitungan statistik. Teknik korelasi Pearson untuk menentukan hubungan antara kedua variabel X dan Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dan tingkat kemandirian anak yaitu hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian anak dengan korelasional berkisar antara 0l,40l-0l,70l. Dimana pola asuh demokratis bernilai positif dengan tingkat kemandirian yang tinggi sedangkan pola asuh otoriter dan permisif bernilai negatif dengan tingkat kemandirian yang rendah.

References

Affandi. (2017). Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan Menurut Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1, 218–143.

Agustina, R., Marlina, L., & F. (2020). Hubungan Polal Asuh Orang tua dengan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 31–44.

Ali, Mohammad dan Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Ardy, W. N. (2013). Bina Karakter Anak Usial Dini. Ar-ruzz Media.

Astrida. (2020). Peran dan Fungsi Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. 1, 4.

Baskoro, & D. (2019). Menjadi Lebih Baik (parent healing). Elex Media Komputindo.

Desliyane, R. L Florentianus, t & M. B. (2019). Pengaruh Peran orang Tua Pada Terapi Wicara Terhadap Kemampuan Bicara Pada Anak Penderita Autis Di SDK STA Maria Assumpta dan Pusat Layanan Autis Naimata Kota Padang. CMH-K Applied Scientific Journal, 2, 42.

Dewi, F., & S. (2020). Digital Parenting terhadap Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Junal JIC, 6, 34–45.

Djamarah, & B. (2014). Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta.

Erikson. (n.d.). Identifikasi dan Sklus Hidup Manusia. PT. Gramedia.

Erisamdy. (2020). Pengertian Orang Tua. Jurnal Keluarga, 1, 12.

Euis. (2014). Mengasuh Anak Dengan Hati. PT Elex Media Komputindo.

Fadillah, M. & S. F. (2022). Analisis Pola Asuh Diana Baumrind Pada Anak Usia Dini Perkembangan. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah, 14.

Hadas, D. & A. S. (2014). Parental Authority Styles of Parents With Atlention Defict Disorders (ALDD). Jurnal Of Social Science, 1.

Hurlock. (2010). Perkembangan Anak II. Erlangga.

Indrawati, D. (2023). Pendidikan Anak usia Dini. PT Sada Kurnia Pustaka.

Kristiana, H. & D. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Dipocenter. Jurnal Indopedia, 2.

Listiandari, bahrun & R. (2020). Pola Asuh Orang tua dalam Mengembangkan Perilaku Proposial Anak TK di Kabupaten Bene Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Guru Anak Usia Dini, 5, 23–35.

Longkuntoy & Nathanja. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkar Kabupaten Minahara. Jurnal Eblomedik, 3, 94.

Nasution, raisah A. (2017). Penanaman Disiplin dan Kemandirian Analk Usia Dini Dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 5.

Oktavia, N. A. & N. (2020). Dampak Perbedaan Penerapan Pola Asuh Ayah Dan Ibu Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usial 5-6 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 6.

Priyanto, A. (2014). PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS BERMAIN. Journal.Uny.Ac.Id.

Subagia, i N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Suryana, Dadan khairma, F. . (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. UNP Press.

Suryana, dandan. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran - Dr. Dadan Suryana, M.Pd. - Google Buku. In Kencana.

Syahrizal Hasan, N. & I. P. (2023). Efek Perlakuan Dan Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Anak Usial Dini Lambat Bicara. Junal Of Disability Studies And Research, 2.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Viandari, kadej, D. Susilawati & Kadek, P. . (2019). Peran Pola Asuh Orangtua daln Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 7, 76.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-13

How to Cite

Heldinda Violina, & Nurhafizah , N. (2024). Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Korelasi di TK Islam Al Azhar 32 Padang). JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 136–147. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2237