PERKEMBANGAN GERAK DASAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA LENGAYANG

Authors

  • Nurmela Farepsi Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.584

Keywords:

Gerak Dasar Anak, Pandemi Covid-19,

Abstract

Dimasa pandemi, banyak kegiatan anak di luar ruangan ditiadakan, sehingga membuat ruang gerak anak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan gerak dasar anak dimasa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah anak-anak kelas B1. Informan penelitian ini adalah guru kelas B1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dari Miles Huberman, yakni: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) verifikasi, dan triangulasi dilakukan sebagai teknik dalam pengabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang berkembang baik. Perkembangan gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang difokuskan dari gerak lokomotor dan gerak manipulatif. Kedua, guru menstimulasi gerak dasar anak dengan kegiatan senam, dan permainan-permainan di masa pandemi dalam kegiatan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa gerak dasar anak tetap berkembang di masa pandemi, namun, tidak semua terstimulasi dengan baik.

References

Alawiyah, R., Yasbiati, Lutfi, N., & Ervan, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Gerak Manipulatif Melalui Permainan Bawling Botol. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 9.

Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. UNP Press.

Bhayangkara, C. D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor dengan Pola Pendekatan Bermain SD AL Hanief Kota Bekasi. Jendela Olahraga, 3(1), 57–66.

Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-Kanak., (2007).

Dwi Pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jurnal Jendela Olahraga, 2(1).

Hadi, H., Royana, I., & Setyawan, D. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas, 3.

Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif bagi Anak Melalui Permainan Olahraga di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444.

Ilham. (2011). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Tanpa Awalan Siswa Sekolah Dasar Negeri No. 52/Iv Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 13(2), 19–24.

Imani, R. A., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Permainan Bola Terhadap Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 273–284.

Irsakinah. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6.

Julianur. (2017). Pengaruh Metode Permainan dan Intelligence Quotient (IQ) Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). JPES, 6.

Juniarti, Sumarni, Sri, & Syafdaningsih. (2020). Pengembangan Permainan Gerak Lokomotor Berbasis Gerakan Binatang pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Sriwijaya University.

Kukuh, M. N., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2017). Pengembangan Permainan Aku dan Hewan Mengunakan Multimedia Interaktif untuk Guru Anak Usia Dini. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 153–165.

Lemos, A. G., Avigo, E. L., & Barela, J. L. (2012). Physical Education in Kindergarten Promotes Fundamental Motor Skill Development. Physical Education, 2.

Lutan, R. (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan Nasional.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Margiyani, M. (2021). Pemanfaatan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Bermain Bola Basket Pada Masa Pandemi Covid-19. Ide Guru : Jurnal Karya Ilmiah., 6(2), 153–160. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.250

Mukherjee, M., Siu, K. C., Katsavelis, D., Fayed, P., & Stergiou, N. (2011). The Influence of Visual Perception of Self-Motion on Locomotor Adaptation to Unilateral Limb Loading. Journal of Motor Behavior, 43.

Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). The Effect Of Agility, Coordination and Balance On The Locomotor Ability Of Students Aged 7 to 10 Years. Jurnal Menssana, 4(2), 190–200.

Raharjo, T. B. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Gelang-Gelang Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Garungwiyoro. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(8), 2002–2008.

Rasyid, W., Johor, Z., Afrian, H., Asnaldi, A., Oktarifaldi, & Bakhtiar, S. (2020). The Influence of Leraning Strategy in a Series of Games for Kindergarten Students. In Ist International Conference of Physical Education (ICPE 2019). Atlantis Press, 192–195.

Romi, M. (2016). Keterampilan Gerak Dasar Siswa PAUD Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 1(2), 206–222.

Saputra, S. A. (2020). Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh Melalui Olahraga yang Efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 33–42. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/844

Sasi, D. N. (2011). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar dan Kognitif Anak Melalui Senam Irama. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, 1, 46–52.

Siregar, R., & Saladin, A. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Berbasis Permainan Tradisional Siswa Kelas Tinggi di Jakarta Timur. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Menyonsong Transformasi Pendidikan Abad 21., 2.

Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158.

Suroso, M. B. (2015). Permainan Lompat Kanguru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(9), 2089–2093.

Wang, T. M., Chen, H. L., Hsu, W. C., Liu, M. W., & Lu, T. W. (2010). Biomechanical Role of the Locomotor System in Controlling Body Center of Mass Motion in Older Adults During Obstructed Gait. Journal of Mechanics, 26.

Widiarti, Elindra, Y., & Nofimarlina, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.

Yudiantoro, M. A., & Yasep, S. K. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melempar dan Menangkap Pada Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 153.

Yuliana, E. (2013). Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Gerak Manipulatif untuk Anak Kelompok B2 TK ABA Gendingan Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-10-22

How to Cite

Farepsi, N., & Suryana, D. (2021). PERKEMBANGAN GERAK DASAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA LENGAYANG. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 352–366. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.584