PENGEMBANGAN MEDIA RODA PINTAR BERKANTONG PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30736/sq.v1i1.930Keywords:
Media Roda Pintar Berkantong, Kegiatan Pembelajaran, Bangun Ruang, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini didasari pada beberapa hal diantaranya: peserta didik kurang berantusias dalam belajar dan cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran; peserta didik masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika hal ini dikarenakan perlu adanya contoh kongkrit; dan belum adanya media pembelajaran pada sekolah tertentu. Mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias maupun motivasi peserta didik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta dapat meningkatkan pengetahuan baru pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: (1) untuk menghasilkan produk berupa media Roda Pintar Berkantong pada materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar; (2)Â mengetahui tingkat kemenarikan media Roda Pintar Berkantong pda materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian produk yaitu ahli materi, ahli media/desain, ahli bahasa, serta ahli pembelajaran dengan sasaran uji coba produk yaitu peserta didik kelas V SDN Sugihrejo I, SDN Sugihrejo II, dan MI Falakhiyah Glagah. Hasil validasi media Roda Pintar ini menunjukkan bahwa memiliki tingkat kevalidan materi sebesar 92,5% (sangat valid), kevalidan desain 93,7% (sangat valid), dan kevalidan bahasa 90% (sangat valid), serta hasil uji coba lapangan sebesar 3,85 (sangat baik).Downloads
References
Abidin, Zainal. “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran.†Edcomtech 1 (2016): 15.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Hasanah, Milkhatul. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Comic Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Jaring-jaring Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV SD NU Bahrul Ulum Malang†(2016): 15.
Izzatunnisa, Nisrina Najla. Pengembangan Roda Angka sebagai Media Pembelajaran Tematik bagi Peserta Didik Kelas V SD/MI. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.
Kandou, Tombokan Runtukahu Dan Selpius. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2014.
Kurino, Yeni Dwi. “Penerapan Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar.†Cakrawala Pendas. (N.D.).
Rindiantika, Yuni. “Penerapan Media dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Kajian Teoritik.†Jurnal Intelegensia 3 (2018): 4.
Rohman. “Pengembangan Media Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Jasa Bank Linnya Berbantuan Edmodo Untuk Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta†(N.D.).
Sa’adah, Risa Nur, Dan Wahyu. Metode Penelitian R&D (Research And Development) Kajian Teoritis Dan Aplikatif. Batu: Literasi Nusantara, 2020.
Sadiman, Arief S., Rahardjo, Anung Haryono, Dan Harjito. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada, N.D.
Sufairoh. “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13.†Pendidikan Profesional 5 (2016): 120.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sylviani, Sisilia, dan Fahmi Candra Permana. “Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Geogebra sebagai Alat Bantu Siswa dalam Memahami Materi Geometri.†Pendidikan Multimedia 1 (2019).
Tena, Fransiska Ule. “Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran pada Materi Menulis Ringkasan Siswa Kelas V SD Negeri Tambakaji 04†(N.D.): 50.
Wardhani, Indah Setyo. “Geometri Dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah†3 (2019): 127.
Yuliana, Rina. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX.†Jurnal Pendidikan Matematika 6, No. 1 (2017): 60–67.