PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA RUMAH PINTAR PADA TEMA VI SUBTEMA I KELAS II SD/MI

Fifin Eka Ningtiyas, silviana nur Faizah, Sherif Juniar Aryanto

Abstract


Pengembangan media pembelajaran ini didasarkan pada beberapa hal diantaranya 1) Pembelajaran yang hanya berpusat pada buku ajar tematik yang diterbitkan oleh kemendikbud, 2) Minimnya penggunaan media pembelajaran ketika pembelajaran tematik, 3) Kurangnya keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran. Mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengembangan media yang tepat. Oleh karena itu peneliti pada penelitian ini menggunakan media berbasis tiga dimensi. Media Diorama Rumah Pintar sebagai salah satu media pembelajaran berbasis tiga dimensi yang di desain dengan menggunakan gambar dan ilustrasi nyata yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat tertarik untuk mempelajari media yang telah dikembangkan. Adapun tujuan penelitiannya adalah 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Diorama Rumah Pintar pada pembelajaran tematik kelas II di SDN Blawirejo. 2) Mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran Diorama Rumah Pintar pada pembelajaran tematik kelas II di SDN Blawirejo. Subyek penelitian produk yaitu ahli materi, ahli media/desain, ahli bahasa, serta ahli pembelajaran dengan sasaran uji coba produk yaitu peserta didik kelas II SDN Blawirejo, SDN Mekanderejo 1. Hasil validasi media Diorama Rumah Pintar ini menunjukkan bahwa memiliki tingkat kevalidan materi 87,27% (sangat valid), kevalidan desain 99,31% (sangat valid), dan kevalidan bahasa 92% (sangat valid), serta hasil uji coba lapangan sebesar 94,6% (sangat baik).

Keywords


Media Tematik, Diorama Rumah Pintar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.