Implementasi Media Roda Putar dalam Mengembangkan Konsep Angka Anak di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Rini Febriani Universitas Negeri Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2176

Keywords:

Skills; NumberConcepts;Spinning Wheel Media; Kindergarten Children

Abstract

Mengimplementasikan media untuk anak usia dini harus menarik. Media yang digunakan berupa roda berputar agar anak bisa mengenal konsep angka. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh media roda putar terhadap kemampuan konsep bilangan anak di TKN Pembina 01 Ranah Pesisir. Artikel ini berdasarkan penelitian yang membahas tentang kemampuan konsep bilangan anak. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan teknik kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa dari masing-masing kelas B1 dan B2 yang merupakan siswa TKN Pembina 01 Ranah Pesisir. Pengumpulan data dilakukan dengan enam item pernyataan, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 11,90, sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 13,70. Sementara itu, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 22,90, sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 21,50. Data akhir yang diperoleh tersebar merata. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,03 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep bilangan anak di TKN Pembina 01 Ranah Pesisir dipengaruhi oleh media roda putar.

References

Amalia Rosanda, Nur, dkk. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Stik Angka Pada KelompokB 2 di TK Kartika V 15 Loa Janan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal. Vol 3 (1), 35-53.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Febri Reza, Zulhamida & Farida Mayar. (2024). Pengaruh Teknik Spuit Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang. Bunayya. Vol 10(2), 162-172.

Islamiati, R, dkk. (2018). Sikap Masyarakat Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa Didesa Kersamana Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan BSI, 6 (2), 195-205.

Jahja. (2013). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (vol.1, Issue 2). https://doi.org/10.31004/obsesi . Vli2.34

Khairunnisa.Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas IV SMA Angkasa Adisutjipto, Jurnal 2017.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, S. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen.

Mursyid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkirotun. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustikowati, Endang. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka 1-10 Melalui Bermain Roda Angka Kelompok A TK Idhata Unesa. PAUD Teratai. Vol 2 (1).

Nurmainis. (2012). PeningkatanPengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Kalender di Taman Kanak-kanak Islam Silahturahmi Kabupaten Padang Pariaman. PESONA PAUD. Vol 1 (5), 1-13.

Patmonodewo, dkk. 2013. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Reza, Z. F., & Mayar, F. (2024). Pengaruh Teknik Spuit Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk di Tamanan Kanak-kanakMelati Ikhlas. 10(2), 162–172.

Sudarna. 2016. PAUD Pendidikan Anak Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher..

Safita, Maiyida & Dadan Suryana. (2022). Pengenalan Warna Melalui Media Stick Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya. Vol 8(1), 28-43

Sugiyono. (2019). Met ode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Aksara.

Sujiono, Yuliani Nuraini, dkk. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Tenggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Syahrul & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh orangtua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Corona Virus 19. Jurnal Basicedu. Vol 5(2),683-696.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-29

How to Cite

Febriani, R., & Nurhafizah , N. (2024). Implementasi Media Roda Putar dalam Mengembangkan Konsep Angka Anak di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 147–154. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2176