MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

Dina Fitriana

Abstract


Perkembangan merupakan suatu perubahan yang berlangsung seumur hidup dengan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian Perkembangan Kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Potensi kognitif ditentukan pada saat konsepsi (pembuahan ) namun terwujud atau tidaknya tergantung dari lingkungan dan kesempatan yang diberikan. Untuk mengetahui pengertian dari Alat Permainan Edukatif serta mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran dalam meningkatkan aspek kognitif melalui APE yang dikembangkan TK Mutiara Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Mutiara Lamongan. Bermain peran membuat anak berkemampuan sosial. Sambil bermain peran ikut belajar berbagi, belajar mengantri atau bergiliran, dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Kemampuan mengelola emosi, termasuk untuk memahami perasaan takut, kecewa, sedih, marah dan cemburu. Anak akan belajar mengelola dan memahami perasaan-perasaan tersebut. mengasah kreativitas dan disiplin, biasanya anak akan mengambil peraturan dan pola hidupnya sehari- hari dan kebiasaan si anak atau orang tua bahkan orang dewasa di lingkungan terdekat anak. Jadi dengan bermain peran tersebut anak dapat memilih alat permainan edukatif sesuai dengan peran yang dipilih. Setelah melakukan kegiatan bermain peran dan bermain menggunakan alat permainan edukatif membuat anak lebih semangat dan senang saat belajar.

Keywords


Perkembangan Kognitif; Anak Usia Dini; Alat Permainan Edukatif;

Full Text:

PDF

References


Ariani, Lita dan Femi Olivia. 2009. Belajar Membaca yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.

Latif, M. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Fajar Interpramata Mandiri.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kraetif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. indeks.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Kanisi

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by