Manifestasi Islam Rahmatan lil Alamin dalam Pendidikan Islam di Malaysia dan Indonesia: Perspektif Perbandingan

Authors

  • M. Zainuddin Alanshori Universitas Islam Lamongan
  • Siti Suwaibatul Aslamiyah Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Koperasi Adat, syariah, kesejahteraan, Pedagang Lokal, Pasar Mama-mama Papua

Abstract

Pengembangan Koperasi Adat Berbasis Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang lokal di Pasar Mama Mama Papua, Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan melibatkan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasilnya menunjukkan bahwa koperasi adat berbasis syariah memberikan dampak positif bagi kesejahteraan pedagang melalui prinsip-prinsip syariah seperti keadilan, kesetaraan, dan keberlanjutan ekonomi. Faktor pendukung utama meliputi dukungan pemerintah, komitmen komunitas lokal, dan integrasi nilai adat dengan syariah. Implikasi pengembangan koperasi ini meliputi peningkatan pendapatan, efisiensi perdagangan, dan solidaritas sosial. Studi ini merekomendasikan penguatan kebijakan ekonomi kerakyatan dan pembinaan berkelanjutan sebagai langkah strategis untuk memastikan keberlanjutan program. Temuan ini menegaskan bahwa koperasi berbasis syariah adalah model efektif untuk pemberdayaan ekonomi lokal yang berlandaskan nilai-nilai adat dan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, A. H. (2001). No TitleIhya Ulumuddin. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al, N. H. et. (n.d.). No Title"Rahmatan lil’alami Islamic Education Curriculum Reconstruction: Healthy and Safe for Students’ Spiritual and Physical Development.".

amhari, M. A., & Ahmad, N. (2015). No TitleThe Role of Islam in Promoting Peaceful Coexistence in Plural Societies. Journal of Islamic Studies, 4.

Fajrin, M. (2023). No TitleHAKIKAT DAN PRINSIP ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN. 3, 1.

Hefni, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil ‘ Alamin di Indonesia. 1, 1–20. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1438

Hidayah, N. (2023). Rahmatan lil ’ alami Islamic Education Curriculum Reconstruction : Healthy and Safe for Students ’ Spiritual and Physical Development Nurul Hidayah Islamic education today is believed to be the last moral bastion of the existing education system , as well. 8(1), 35–50. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.7208

Haryanti, N. (2014). Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Gunung Samudera.

Huda, A. A. S., & Nurhuda, A. (2023). Asesmen Diagnostik Non-Kognitif Gaya Belajar Siswa SMP

Halimi, S. (2008). Etika Dakwah dalam Perspektif Al-Quran, Antara idealitas Qurani dan

Realitas Sosial. Walisongo Press.

Helland, C. (2002). Surfing for Salvation. Jurnal Religion, 32(4), 293–302.

https://doi.org/DOI: 10.1006/reli.2002.0406.

Kelas 7 di Lembang, Indonesia: Non-Cognitive Diagnostic Assessment of Learning Styles for

th Grade Junior High School Students in Lembang, Indonesia. Nusantara Journal of

Behavioral and Social Sciences, 2(3), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.47679/202331

Karja, U. (2019). No TitleThe Implementation of Rahmatan Lil Alamin Education in The Asean Community: Madrasah Education Context (Ideas and Implementation in Educational Institutions).

Khalli, M. N. M. (2020). Sains Insani eISSN: [0127-7871].

Khalli, M. N. M., Sintang, S., & Marinsah, S. A. (2020). Rahmatan Lil ’Alamin: Kerangka Konsep Keharmonian Di Malaysia: Rahmatan Lil ’Alamin: Conceptual Framewok Of Harmony In Malaysia. Sains Insani. https://sainsinsani.usim.edu.my/index.php/sainsinsani/article/view/129

Kisworo. (2019). No Titlehe Implementation of Islam as Rahmah Li Al-’Alamin in Indonesia: Contributions, Challenges and Opportunities.

Muslim, M., Warto, W., & Djono, D. (2020). Menumbuhkan Nilai Toleransi dan Patriotisme Siswa Melalui Pembelajaran Tokoh Sejarah Pergerakan Nasional. In The Journal Publishing.thejournalish.com. http://thejournalish.com/ojs/index.php/books/article/download/83/66

Musnandar, A. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Konsep Rahmatan Lil Alamin. 1(3), 330–338. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.982

Nasir, T. M., & Kurahman, O. T. (2023). Moderat Antar Umat, Pendidikan, dan Organisasi di Indonesia. … Tabuah: Talimat, Budaya, Agama Dan …. https://www.rjfahuinib.org/index.php/tabuah/article/view/910

Nasution, N. P., Dinoto, B. A., & ... (2023). Implementasi Toleransi Beragama Dalam Perspektif Islam: Sebuah Analisis Literatur. … Jurnal Pendidikan …. http://www.ejurnalnurmagemilang.com/index.php/attaqwa/article/view/13

Nugroho, D. A., & Yogyakarta, U. M. (2023). Upaya Internasionalisasi Muhammadiyah Melalui Sektor Pendidikan : Studi Kasus di Malaysia Tahun 2015-2021. 6, 85–98.

Qardhawi, Y. (2002). No TitleFiqh al-Aqalliyyat al-Muslimah: Dirasah al-Ahkam al-Shar’iyyah. Al-Maktab al-Islami.

Rahman, F. (2021). No Titleislam. University of Chicago Press.

Saiman, M. Z. (2023). Perpaduan Nasional Berteraskan Melayu-Islam di Negara Malaysia: Sorotan Kajian: National Unity Based on the Malay-Islamic State of Malaysia: Highlights of the …. RABBANICA-Journal of Revealed Knowledge. http://www.ejournals.kias.edu.my/index.php/rabbanica/article/view/298

Surah Al-Anbiya, A. 107. (n.d.). No Title.

Umar, M. (2024). Transforming of Moderate Character Education in Islamic Educational Institutions. 7(1), 171–188.

PlumX Metrics

Published

2024-12-28

How to Cite

M. Zainuddin Alanshori, & Siti Suwaibatul Aslamiyah. (2024). Manifestasi Islam Rahmatan lil Alamin dalam Pendidikan Islam di Malaysia dan Indonesia: Perspektif Perbandingan. Akademika, 18(2), 22–34. Retrieved from https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/2321

Issue

Section

Articles