PENGARUH PENERAPAN EKSPERIMEN RAMBATAN AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Annisa Annisa PGPAUD, Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda PGPAUD, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1034

Keywords:

Anak Usia Dini, Berpikir Kritis, Ekperimen Rambatan Air,

Abstract

Peneliti melihat bahwa di Taman Kanak-kanak sebagian besar keterampilan  berpikir kritis pada anak masih belum berkembang karena proses pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan eksperimen rambatan air terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Tuan Kadhi III Padang Ganting. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen). Teknik pengambilan sampelnya dengan Purposive Sampling anak kelas B1 dan B2, tiap-tiap kelas berjumlah 15 anak. Untuk melihat pengaruh penerapan eksperimen rambatan air terhadap kemampuan berpikir kritis anak menggunakan Uji independen sample-test dengan taraf signifikan 5% (=0,05) menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Berdasarkan uji independen sample-test diketahui nilai Sig.(2-Tailed) adalah sebesar 0.014. Dapat ditarik kesimpulan eksperimen rambatan air berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Sebab, eksperimen rambatan air lebih melibatkan anak dalam proses meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan anak terlibat langsung mengamati, bertanya, memberi penjelasan sederhana, memecahkan masalah, mengenal sebab-akibat dan menyimpulkan.

References

Agustini, K. S. A., Gading, I. ketut, & Tirtayan, L. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada kelompok b semester ii tk kartika vii-3. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Alkomah, S., Arief, Z. A., & Kurniati. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar (self regulated learning) siswa taman kanak-kanak islam terpadu melalui metode inkuiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 162–172.

Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10.

Amantika, D., & Aziz, A. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4526–4532.

Djmas, D. (2012). Pengembangan berpikir kritis berbasis problem based learning. Universitas Negeri Padang.

Eliamah, Wahira, & Alam, K. (2022). Meningkatnya motivasi belajar anak usia dini (aud) melalui pembelajaran sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 71–81.

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151.

Ma, A. (2021). Metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini ( Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood ). 3, 97–101.

Nafiqoh, H., & Wulansuci, G. (2020). Mengembangkan sikap sains anak usia dini melalui metode pembelajaran eksperimen berbasis belajar di rumah (BDR). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 98–104.

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. JURNAL CERIA, 2(3), 65–73.

Nurjaman, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan agama islam melalui implementasi desain pembelajaran “Assure.†CV. Adanu Abimata.

Putri, suci utami. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI sumedang press.

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Samatowa, U., & Sani, R. A. (2019). Metode pembelajaran sains untuk anak usia dini. Tira Smart.

Samta, S. R., & Mulyani, L. (2021). Pembelajaran Daring : Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Metode Percobaan Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Dimasa Pandemi. 5(1), 17–23.

Sujiono, yuliani nurani, & et al. (2019). Metode pengembangan kognitif. Universitas terbuka.

Suryameng, & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46–58.

Wingsi, M. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1228–1236.

Yamin, M., & Sanan, j. s. (2013). Panduan PAUD. Gaung Persada Press group.

Yunita, H., & Meilanie, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425–432.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-03

How to Cite

Annisa, A., & Yaswinda, Y. (2022). PENGARUH PENERAPAN EKSPERIMEN RAMBATAN AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK TAMAN KANAK-KANAK. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 405–419. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1034

Issue

Section

Articles