PENGARUH PENERAPAN EKSPERIMEN RAMBATAN AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1034Keywords:
Anak Usia Dini, Berpikir Kritis, Ekperimen Rambatan Air,Abstract
Peneliti melihat bahwa di Taman Kanak-kanak sebagian besar keterampilan  berpikir kritis pada anak masih belum berkembang karena proses pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan eksperimen rambatan air terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Tuan Kadhi III Padang Ganting. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen). Teknik pengambilan sampelnya dengan Purposive Sampling anak kelas B1 dan B2, tiap-tiap kelas berjumlah 15 anak. Untuk melihat pengaruh penerapan eksperimen rambatan air terhadap kemampuan berpikir kritis anak menggunakan Uji independen sample-test dengan taraf signifikan 5% (=0,05) menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Berdasarkan uji independen sample-test diketahui nilai Sig.(2-Tailed) adalah sebesar 0.014. Dapat ditarik kesimpulan eksperimen rambatan air berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Sebab, eksperimen rambatan air lebih melibatkan anak dalam proses meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan anak terlibat langsung mengamati, bertanya, memberi penjelasan sederhana, memecahkan masalah, mengenal sebab-akibat dan menyimpulkan.References
Agustini, K. S. A., Gading, I. ketut, & Tirtayan, L. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada kelompok b semester ii tk kartika vii-3. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).
Alkomah, S., Arief, Z. A., & Kurniati. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar (self regulated learning) siswa taman kanak-kanak islam terpadu melalui metode inkuiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 162–172.
Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10.
Amantika, D., & Aziz, A. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4526–4532.
Djmas, D. (2012). Pengembangan berpikir kritis berbasis problem based learning. Universitas Negeri Padang.
Eliamah, Wahira, & Alam, K. (2022). Meningkatnya motivasi belajar anak usia dini (aud) melalui pembelajaran sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 71–81.
Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151.
Ma, A. (2021). Metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini ( Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood ). 3, 97–101.
Nafiqoh, H., & Wulansuci, G. (2020). Mengembangkan sikap sains anak usia dini melalui metode pembelajaran eksperimen berbasis belajar di rumah (BDR). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 98–104.
Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. JURNAL CERIA, 2(3), 65–73.
Nurjaman, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan agama islam melalui implementasi desain pembelajaran “Assure.†CV. Adanu Abimata.
Putri, suci utami. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI sumedang press.
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Samatowa, U., & Sani, R. A. (2019). Metode pembelajaran sains untuk anak usia dini. Tira Smart.
Samta, S. R., & Mulyani, L. (2021). Pembelajaran Daring : Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Metode Percobaan Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Dimasa Pandemi. 5(1), 17–23.
Sujiono, yuliani nurani, & et al. (2019). Metode pengembangan kognitif. Universitas terbuka.
Suryameng, & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46–58.
Wingsi, M. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1228–1236.
Yamin, M., & Sanan, j. s. (2013). Panduan PAUD. Gaung Persada Press group.
Yunita, H., & Meilanie, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425–432.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.