Pengaruh Metode Eksperimen Pelangi Terhadap Kemampuan Sains Anak Di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang

Authors

  • Velina Pratiwi Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2227

Keywords:

Metode Pembelajaran Sains, Kemampuan Sains, Media Percobaan Pelangi

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada pentingnya pengembangan kemampuan sains pada anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Kemampuan sains dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengunakan eksperimen pelangi. Pembelajaran sains akan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman langsung pada anak karena anak langsung yang melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen pelangi terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Kemampuan sains anak tersebut meliputi proses sains, pengetahuan sains dan sikap sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan bentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 dan B3 masing-masingnya berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terstruktur. Dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 29.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dilakukan bahwa kemampuan sains anak di kelas eksperimen yang menggunakan metode eksperimen pelangi lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata pre-test kelas eksperimen 12 dan kelas kontrol 11,90, sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 29,36 dan kelas kontrol 27,45. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS dapat diketahui bahwa Sig (2-tailed) adalah sebesar 0,013 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen pelangi dapat berpengaruh terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang dengan perolehan data yang meningkat.

References

Asrin, A. (2020). Metode Penelitian Eksperimen: Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Science, 2(01), 21-29

Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 38–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Ismail, N., Syamsuardi, & Ilyas, S. N. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dengan Benda Cair Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Chamsiyah Kabupaten Bantaeng. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 6(2), 10–20.

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2187

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0 - 6 Tahun. Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

M, O. R., & Mandagi, M. O. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Kecambah Pada Anak Di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 61–67. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5986

Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islami Dan Sains, 3, 97–101. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwish6zX17_9AhWNT2wGHZGJD9gQFnoECDUQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.uin-suka.ac.id%2Fsaintek%2Fkiiis%2Farticle%2Fdownload%2F2990%2F2333&usg=AOvVaw0biRyz89kzwIz1EQTyBFaR

Mahyuddin, N., & Sofya, R. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837

Mirawati, R. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Proses Sains Anak Usi Dini Melalui Aktivitas Berkebun. 1(1), 1–15.

Putri, E. A., & Yaswinda, Y. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Banjir Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Perguruan Islam. Jurnal Edukasi, 2, 32–42. https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/66

Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/447

Sakri Alfareg, I., & Wirman, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Family Education, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.35

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.

Sovia Mas Ayu, Asmara Dewi, R. F. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak. 2, 8–21.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D: CV. Alfabeta

Susanto, A. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (U. R. Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Yasbiati, G. G. (2018). Alat Permainan EdukatiF untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi.

Yaswinda, Yulsyofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.

Yaswinda. 2019. Model Pembeljaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya : Edu Publiser

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-12

How to Cite

Pratiwi, V., & Yaswinda , Y. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Pelangi Terhadap Kemampuan Sains Anak Di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 126–135. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2227