Pengaruh Metode Eksperimen Pelangi Terhadap Kemampuan Sains Anak Di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2227Keywords:
Metode Pembelajaran Sains, Kemampuan Sains, Media Percobaan PelangiAbstract
Penelitian ini di dasarkan pada pentingnya pengembangan kemampuan sains pada anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Kemampuan sains dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengunakan eksperimen pelangi. Pembelajaran sains akan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman langsung pada anak karena anak langsung yang melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen pelangi terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Kemampuan sains anak tersebut meliputi proses sains, pengetahuan sains dan sikap sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan bentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 dan B3 masing-masingnya berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terstruktur. Dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 29.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dilakukan bahwa kemampuan sains anak di kelas eksperimen yang menggunakan metode eksperimen pelangi lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata pre-test kelas eksperimen 12 dan kelas kontrol 11,90, sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 29,36 dan kelas kontrol 27,45. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS dapat diketahui bahwa Sig (2-tailed) adalah sebesar 0,013 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen pelangi dapat berpengaruh terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang dengan perolehan data yang meningkat.
References
Asrin, A. (2020). Metode Penelitian Eksperimen: Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Science, 2(01), 21-29
Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034
Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 38–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Ismail, N., Syamsuardi, & Ilyas, S. N. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dengan Benda Cair Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Chamsiyah Kabupaten Bantaeng. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 6(2), 10–20.
Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2187
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0 - 6 Tahun. Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
M, O. R., & Mandagi, M. O. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Kecambah Pada Anak Di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 61–67. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5986
Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islami Dan Sains, 3, 97–101. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwish6zX17_9AhWNT2wGHZGJD9gQFnoECDUQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.uin-suka.ac.id%2Fsaintek%2Fkiiis%2Farticle%2Fdownload%2F2990%2F2333&usg=AOvVaw0biRyz89kzwIz1EQTyBFaR
Mahyuddin, N., & Sofya, R. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837
Mirawati, R. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Proses Sains Anak Usi Dini Melalui Aktivitas Berkebun. 1(1), 1–15.
Putri, E. A., & Yaswinda, Y. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Banjir Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Perguruan Islam. Jurnal Edukasi, 2, 32–42. https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/66
Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/447
Sakri Alfareg, I., & Wirman, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Family Education, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.35
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Sovia Mas Ayu, Asmara Dewi, R. F. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak. 2, 8–21.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D: CV. Alfabeta
Susanto, A. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (U. R. Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.
Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.
Yasbiati, G. G. (2018). Alat Permainan EdukatiF untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi.
Yaswinda, Yulsyofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.
Yaswinda. 2019. Model Pembeljaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya : Edu Publiser
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Velina Pratiwi, Yaswinda Yaswinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.