Penerapan Media Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2210Keywords:
Vocabulary, animation, early chilhoodAbstract
Tugas peneliti di Taman Anak Pertiwi 1 adalah mengajarkan kata-kata baru dalam bahasa Inggris kepada anak-anak menggunakan berbagai bentuk media pembelajaran. Karena mengandalkan media tradisional, seperti kartu bergambar, Kantor Gubernur Padang kini kekurangan media pendukung yang memadai. Meskipun manfaat media pembelajaran animasi yang praktis, terutama bagi anak-anak, potensi penerapannya belum diteliti dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik Taman Anak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang menggunakan media pembelajaran animasi untuk mengajarkan kata-kata baru dalam bahasa Inggris kepada anak-anak. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Di bawah kewenangan Kantor Gubernur Padang, 89 siswa dari Taman Anak Pertiwi 1 menjadi populasi penelitian. Tiga puluh anak menjadi ukuran sampel; lima belas anak dimasukkan ke dalam kelompok eksperimen (B4) dan lima belas ke dalam kelompok kontrol (B2). Metode pengumpulan informasi meliputi wawancara, observasi terstruktur, dan dokumentasi. Kami menggunakan uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis untuk menganalisis data. Survei adalah alat untuk mengumpulkan data. Setelah itu, dengan bantuan SPSS 23, kami menguji hipotesis data, khususnya menggunakan uji-t. Nilai ambang signifikansi kurang dari 0,05, dengan nilai-p 0,00. Oleh karena itu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sangat berbeda. Baik hipotesis alternatif Ha maupun hipotesis nol Ha telah diterima. Meskipun demikian, kami menolak hipotesis nol (H0). Hasilnya, ada pengaruh animasi yang terukur terhadap perkembangan kosakata anak-anak dalam bahasa Inggris. Berdasarkan bukti ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Ha benar dan H0 salah. Perkembangan kosakata anak dalam bahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh penggunaan media animasi.
References
Daulay, S., & Pransiska, R. (2022). Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3, 79–87. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.719
Firdaus, Muthiara, Muryanti, & Elise. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.
Indah, H., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Animasi Interaktif Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 692–702.
Ira, E. F. S. H. M. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Latifa, B., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lapbook Dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 29–41.
Mahyuddin, N., Rozimela, Y., & Yaswinda, Y. (2018). MODEL PEMBELAJARAN BERBAHASA SANTUN MELALUI CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PARIAMAN. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 49–54.
Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20.
Muryanti, E. (2022). Early Literacy Practice in Kindergartens in West Sumatra Indonesia. Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 668, 231–234. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.046
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Nugraha, M. A., Sularsa, A., & Zani, T. (2022). PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMA " RUANG KELAS " UNTUK ANAK SD BERBASIS AUGMENTED REALITY AUGMENTED REALITY- BASED “ CLASSROOM OBJ E CTS ” ENGLISH LEARNING APPLICATION FOR ELEMENTARY SCHOOL Aplikasi mobile Android adalah sebuah program. E-Proceeding of Applied Science, 8(1), 155–161.
Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037
Saputri, A. R., & Junanto, S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBAHASA INGGRIS TERHADAP PERBENDAHARAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT TARUNA TELADAN DELANGGU KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. 5, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Saridewi, S. (2018). The Effect of Story Telling Method towards Kindergarten Teachers’ English Speaking Skill and Motivation. 169(Icece 2017), 54–58. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.13
Skinner, B. F. (2019). The behavior of organisms: An experimental analysis. BF Skinner Foundation.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ
Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231–242.
Wahyuni, S. S., & Pransiska, R. (2019). Pengaruh Bercerita Dengan Media Replika Televisi Bergambar Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Daud Khalifatulloh Padang. Generasi Emas, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3300
Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. AMIK Bina Sarana Informatika Purwokerto, II(1), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diva Mistarin, Yaswinda Yaswinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.