PENGARUH FILM ANIMASI NUSSA TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, R., & Marettih, A. K. E. (2016). Empathy Care Training Untuk Meningkatkan Perilaku Memaafkan. Journal of Behavioral Medicine, 8(2), 285–303.
Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432.
https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2064
Astuti, R. W., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2019). Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 215–219. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610
Astuti, Y. S. (2014). Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Prososial pada Karang Taruna di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 1–10. http://eprints.ums.ac.id/31903/9/02. Naskah Publikasi.pdf
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar, 1(2), 131–140.
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210
Hutasuhut A.R.S dan Yaswinda. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246.
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1),86–104. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=4407911&site=ehost-live
Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Nuha, I. dan F. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pratama, W., & Simaremare, A. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK / RA Binmudora Tanjung Morawa T . A 2015 / 2016. Bunga Rampai Usia Emas, 2(2), 42–48. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9424/8650
Rosyida, A. H. (2020). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Empati. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 211. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4904
Sukmady, F. W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4650
Taufik. 2012. Empati (Pendekatan Psikologi Sosial) Depok: Raja Grafindo Persada.
Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu
Virgiana, Y. (2017). Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan (Studi Kasus Terhadap Anak Usia 4-6 Tahun Di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro). Lib.Unnes.Ac.Id, Fakultas I(Pg-Paud), Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widiyatmika, W., Sulistyo, E. T., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 73–79. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639
Yulia, S., Raharjo, T. J., Fakhruddin, F. (2021). Problematika Pendidikan Karakter Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar …. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/858%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/858/761
DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JCE indexed by