PENGARUH FILM ANIMASI NUSSA TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • liza permata sari Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.797

Keywords:

Empati, Film animasi, Anak usia dini,

Abstract

Empati sangatlah krusial untuk anak usia dini karena empati yakni dasar pertama kecerdasan sosial anak. Pentingnya pengembangan empati pada anak supaya anak bisa berkembang jadi manusia yang bisa bersosialisasi dengan baik, peduli pada sesamanya dan lingkup seputarnya, menghargai dan toleransi dengan perbedaan. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan empati pada anak usia dini, salah satunya adalah dengan memberikan tayangan film. Di kelas eksperimen peneliti mengunakan film series animasi Nussa untuk mengembangkan empati anak dengan episode Bundaku, Tidur Sendiri Gak Takut, Marahan Nih!, Alhamdulillah Terkabul, Baik Itu Mudah dan Toleransi. Sedangkan di kelas kontrol menggunakan film animasi Riko the Series dengan episode Bermain Detektif, Ilmuan Hebat, Adab Sebelum Ilmu, Ayahku Pahlawanku, Main Air dan Sahabatku. Adapun variabel yang akan diteliti adalah empati dan film series animasi Nussa. Studi  ini tujuannya guna mencaritahu pengaruh film animasi Nussa di Taman Kanak-kanak. Studi  ini memakai pendekatan Kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen. Berlandaskan  hasil perhitungan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS diketahui nilai Sig (2-tailed) adalah sebesar 0.019<0.05. Dengan begitu bisa disimpulkan jika film animasi Nussa berpengaruh terhadap perkembangan empati anak usia dini di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium UNP seperti anak menolong teman dan guru yang mengalami kesulitan, menenangkan temannya yang sedang bersedih, memaafkan dan meminta maaf ketika berbuat salah, mengucapkan terima kasih, serta menghargai kemampuan atau hasil karya temannya.

References

Annisa, R., & Marettih, A. K. E. (2016). Empathy Care Training Untuk Meningkatkan Perilaku Memaafkan. Journal of Behavioral Medicine, 8(2), 285–303.

Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati Dan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432.

https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.2064

Astuti, R. W., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2019). Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 215–219. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610

Astuti, Y. S. (2014). Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Prososial pada Karang Taruna di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 1–10. http://eprints.ums.ac.id/31903/9/02. Naskah Publikasi.pdf

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar, 1(2), 131–140.

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Hutasuhut A.R.S dan Yaswinda. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1),86–104. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=4407911&site=ehost-live

Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158

Nuha, I. dan F. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pratama, W., & Simaremare, A. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK / RA Binmudora Tanjung Morawa T . A 2015 / 2016. Bunga Rampai Usia Emas, 2(2), 42–48. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9424/8650

Rosyida, A. H. (2020). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Empati. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 211. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4904

Sukmady, F. W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4650

Taufik. 2012. Empati (Pendekatan Psikologi Sosial) Depok: Raja Grafindo Persada.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu

Virgiana, Y. (2017). Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan (Studi Kasus Terhadap Anak Usia 4-6 Tahun Di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro). Lib.Unnes.Ac.Id, Fakultas I(Pg-Paud), Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widiyatmika, W., Sulistyo, E. T., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 73–79. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639

Yulia, S., Raharjo, T. J., Fakhruddin, F. (2021). Problematika Pendidikan Karakter Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar …. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/858%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/858/761

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-06-07

How to Cite

sari, liza permata, & Yaswinda, Y. (2022). PENGARUH FILM ANIMASI NUSSA TERHADAP EMPATI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 83–97. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.797

Issue

Section

Articles