Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerja Sama Anak Di Taman Kanak- Kanak Hang Tuah Padang

Authors

  • Engla Apri Yisa Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2173

Keywords:

Clogs Game, Cooperation

Abstract

nelitian ini di latar belakangi kurang berkembanganya kemampuan Kerjasama pada anak.Bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional bakiak untuk mengembangkan kemampuan kerjasama anak di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang. Jenis pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang yang berjumlah 24 anak. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan teknik sampling total dengan sampel kelas B1 dan kelas B2 dengan jumlah keseluruhan 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian data di olah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini di kelas eksperimen yang menggunakan permainan tradisional bakiak lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil perhitungan rata-rata post-test kelas kontrol   18,6 dan kelas eksperimen 20,5. Berdasarkan uji independent sample T test mendapat nilai sig 0,012<0,05 dan nilai sig (2 tailed) 0,064 > 0,05. Dapat disimpilkan hasil penelitian bahwa penggunaan permainan tradisional bakiak berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama anak usia dini.

References

Anggraini, Riri & Nurhafizah. (2020). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Anak dengan Permainan Gobak Sodor Ditaman Kanak-kanak . Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3471–3481.

Fitriah, & Joko, P. (2023). Analisis Kemampuan Kerja Sama Anak dengan Permainan Angklung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1), 427-438

Hadaina, N., & Astawan, G. (2021). Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 8–12.

Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0 - 6 Tahun. Warna, 2(2), 15–28.

Mulyani, Sri. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Legensari Publishing

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). Analisis Kemampuan Kerjasama Dalam Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2), 107. https://doi.org/10.36709/jrga.v4i2.17921

Rohima, S., Astawa, I. M. S., Takasun, T., & Maharani, M. (2023). MeningkatkanKemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 219–225.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Sofiah, A. N. (2023). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle. Jurnal Ilmiah Potensia. 8(1). 207-218.

Suryana, D. (2013). Profesionalisme Pendidikan dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Padang. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Suryana, Dadan. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktek Pembelajaran). Jakarta: Kencana

Syafi’i & Solichah. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3108

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Syamsiatin, Eriva. (2019). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2045–2051. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1218%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1218/1088

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-25

How to Cite

Apri Yisa, E., & Yaswinda , Y. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerja Sama Anak Di Taman Kanak- Kanak Hang Tuah Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 75–84. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2173