PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENGENALAN GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK SABBIHISMA 4 PADANG

Authors

  • vici febriadil lefni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - UNP
  • indra yeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1068

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa anak kurang tertarik belajar geometri, dengan ketidaktertarikan tersebut, masih banyak anak yang belum mampu menyebutkan bentuk-bentuk geometri sesuai dengan bentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh bermain playdough terhadap pengenalan geometri pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksprimen. Sampel penelitian ini masing-masing berjumlah 11orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pernyataan sebanyak 20 item pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan komputerisasi SPSS 25. Hasil dari penelitian terlihat bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berdistribusi normal,   dan hasil uji homogenitas  kelas eksperimen dan kelas control adalah sama atau homogen. Kemudian berdasarkan tabel diatas diketahui nilai sig (2- tailed) adalah sebesar 0,012 dan di nyatakan < 0,05. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain playdough dengan pengenalan geometri pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak Kanak Sabbihisma 4 Padang.

Author Biographies

vici febriadil lefni, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - UNP

departemen PGPAUD UNP

indra yeni, Universitas Negeri Padang

departemen PGPAUD

References

Agung, T. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini (2013th ed.).

Ahmad, S. (2017). Pendidikan anak usia dini konsep dan teori. 2017.

Fadlilla, M. (2014). Desain pembelajaran PAUD (2014th ed.). ar-ruzz media.

Hartawan, I. M. (2020). Pengaruh Media Playdough Terhadap Perkembangankognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Tk Widya Kumara Santhi Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 32–39. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.429

Hasanah, L., & Agung, S. (2020). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). Desember, 1(2), 84–97.

keren, G.,& Fridin, M. (2014). Kindergarten social assistive robot (kindSAR) for childrend geometric thinking and metacognitive depelopment in preschool education: A Pilot study. computers in human behavior, 35, 400-412.

Khiyarusholeh, U. (2016). Kata kunci : konsep dasar, perkembangan kognitif, Jean Piaget. 5(1), 1–10.

Nugraha, A. (2016). Model pengenalan matematika melalui permainan kreatif bagi anak usia 5-6 tahun. PP PAUD & DIKMAS Jawa Barat.

Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik, 11(1).

Sa’ida, N. (2021). Pemahaman Konsep Geometri Anak Usia Dini pada Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9782

Sutapa, P., Arjuna, F., Prasetyo, Y., & Prihatanta, H. (2018). Perbedaan Pengaruh Playdough dan. 278(YISHPESS), 171–174.

Ulya, M. F., & Setyowati, S. (2019). PENGARUH MENCETAK DENGAN PLAYDOUGH PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU 82 SAMBISARI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO | PAUD Teratai. 8(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-24

How to Cite

lefni, vici febriadil, & yeni, indra. (2022). PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENGENALAN GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK SABBIHISMA 4 PADANG. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 441–458. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1068

Issue

Section

Articles