PELAKSANAAN GYMNASTIC CLASS PADA PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KIDDY LAND PADANG

Authors

  • Ningdri Kurniati Fajrin Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.796

Keywords:

Gymnastic class, Pengembangan motorik kasar anak,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti terhadap keunikan pengembangan motorik kasar anak usia dini di sebuah Pendidikan Anak Usia Dini Kota Padang yaitu Kiddy Land. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gymnastic class pada pengembangan motorik kasar anak usia dini di Kiddy Land Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah dan trainer gymnastic class Kiddy Land Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, teknik pengabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi data. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa pelaksanaan gymnastic class pada pengembangan motorik kasar anak usia dini di Kiddy Land  Padang telah terlaksana dengan baik yang dilakukan sesuai perencanaan yang sudah dirancang sebelum pelaksanaan kegiatan. Dengan demikian kegiatan gymnastic class sangat baik untuk pengembangan motorik kasar anak usia dini.

 

References

Acarya, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu untuk Menembus Portal Revolusi Industri 4.0 (1st ed.). Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Dharma_Acarya_Pembelajaran_Pendidikan_Ag/nz0oEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pembelajaran+Pendidikan+Agama+Hindu+untuk+Menembus+Portal+Revolusi+Industri+4.0&printsec=frontcover

Adriyani, F. (2012). Dr.Olahraga Menjelaskan Senam Lantai (Tim Editor BP (ed.); 1st ed.). Balai Pustaka. https://doi.org/979-690-877-8

Ahsanah, A. (2018). Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi untuk Anak Usia Dini di TK Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Desmalia. (2017). Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Melempar dan Menangkap Bola di TK Dharma Wanita Kenali Lampung Barat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dilla, R. F. (2019). Penilaian Aspek Pengetahuan Melalui Jenis Penilaian Tes Di Tk Al-Fadhillah Kabupaten Sleman Diy. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(01), 94–109. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i01.13

Fitri, A. (2019). Kegiatan Pengembangan Motorik Kasar di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Universitas Negeri Padang.

Handika, T. dkk. (2016). Hubungan Kemampuan Motorik dengan Keterampilan Bermain Bola Voli pada Mahasiswa Program Studi PENJASKESREK FKIP UNSYIAH Angkatan 2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Volume 2(4), 270 – 281.

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak usia Dini (1st ed.). Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Perkembangan_dan_Pendidikan_An/AuG2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Psikologi+Perkembangan+dan+Pendidikan+Anak+usia+Dini&printsec=frontcover

Ismail, I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik (1st ed.). Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Perkembangan_Fisik_Motorik_Anak_Usia_Din/Bf72DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Perkembangan+Fisik+Motorik+Anak+Usia+Dini+Teori+dan+Praktik.&printsec=frontcover

Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Deepublish.

Makhmudah, S., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD (Guepedia (ed.)). Guepedia.

Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2(2), 105–116.

Mukhlisa, N. (2020). Penerapan Permainan Papan Titian dalam Mengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Educhild, Volume 2(1), 65–75.

Muriyan, O. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Gerakan-Gerakan Senam di TK Negeri Pembina Kalianda Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6, 100–114.

Putri, S. M. (2019). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui permainan Tradisional Engklek di Raudhatul Athfal Ummi Desa Tebat Gunung Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (1st ed.). Kencana.

PlumX Metrics

Published

2022-05-27

How to Cite

Fajrin, N. K., & Yeni, I. (2022). PELAKSANAAN GYMNASTIC CLASS PADA PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KIDDY LAND PADANG. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 65–82. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.796

Issue

Section

Articles