Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang

Authors

  • Fani Futiani Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1391

Keywords:

Kantong Bilangan, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun dan kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di taman kanak-kanak putih asri kamboja sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 39 anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang. Teknik Pengambilan sampelnya yaitu purposive Sampling anak kelas A1 dan kelas A2, masing-masing berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa indikator-indikator yanag akan dicapai sebanyak 8 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang diperoleh kedua kelompok, yaitu mean dari kelompok eksperimen sebesar 25,18 sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai mean sebesar 23,63. Pada pengujian independent sampel t test diperoleh nilai sig (2 tailed) yakni sebesar 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Tahun Ajaran 2022/2023.

 

References

Anak, P., Tahun, U., Congklak, P., Terhadap, A., & Mengenal, K. (n.d.). Pengembangan Congklak Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Arum, Y., Nurhenti, H., & Simatupang, D. (2014). Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok a. 1–5.

Charlesworth, Rosalind & Lind, K Karen. (2010). Math and Science For Young Children. USA: Wadsworth Cangage Learning.

Dacholfany, Hasan. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Depdikanas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (Ctl) Berbasis Centra Di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 93.

Filtri, Heleni, dkk. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 5- 6 Tahun Ditinjau Dari Tingakat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (2).

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1).

Kusumastuti, A. (2020). Metode penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Noviyanti Sari Tri dan Hasibun Rachma. (2018). Pengaruh Media Celemek Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto. Jurnal Teratai. 7 (2).

Prastia, ilham eka. (2019). Efektivitas Media Kantong Bilangan Terhadap Pengenalan Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Tunagrahita Ringan the Effectivness of the Number Bag Media for the Recognition of. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8, 400–405.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini ( konsep dan Teori). Jakarta: Prenada Media Group

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yulsofriend. 2013. Permainan membaca dan menulis anak usia dini. Sukadima Press

Zulaichah, siti. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Tas angka Untuk Menigkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Kelas III. Diakses Pada tanggal 20 maret, pukul 10.59 wib.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-11

How to Cite

Futiani, F., & Yeni, I. (2023). Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 119–126. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1391

Issue

Section

Articles