Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1391Keywords:
Kantong Bilangan, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini,Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun dan kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di taman kanak-kanak putih asri kamboja sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 39 anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang. Teknik Pengambilan sampelnya yaitu purposive Sampling anak kelas A1 dan kelas A2, masing-masing berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa indikator-indikator yanag akan dicapai sebanyak 8 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang diperoleh kedua kelompok, yaitu mean dari kelompok eksperimen sebesar 25,18 sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai mean sebesar 23,63. Pada pengujian independent sampel t test diperoleh nilai sig (2 tailed) yakni sebesar 0,027 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media kantong bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Tahun Ajaran 2022/2023.
Â
References
Anak, P., Tahun, U., Congklak, P., Terhadap, A., & Mengenal, K. (n.d.). Pengembangan Congklak Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun.
Arum, Y., Nurhenti, H., & Simatupang, D. (2014). Pengaruh Bermain Bola Warna Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok a. 1–5.
Charlesworth, Rosalind & Lind, K Karen. (2010). Math and Science For Young Children. USA: Wadsworth Cangage Learning.
Dacholfany, Hasan. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Depdikanas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (Ctl) Berbasis Centra Di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 93.
Filtri, Heleni, dkk. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 5- 6 Tahun Ditinjau Dari Tingakat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (2).
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1).
Kusumastuti, A. (2020). Metode penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Noviyanti Sari Tri dan Hasibun Rachma. (2018). Pengaruh Media Celemek Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto. Jurnal Teratai. 7 (2).
Prastia, ilham eka. (2019). Efektivitas Media Kantong Bilangan Terhadap Pengenalan Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Tunagrahita Ringan the Effectivness of the Number Bag Media for the Recognition of. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8, 400–405.
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini ( konsep dan Teori). Jakarta: Prenada Media Group
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yulsofriend. 2013. Permainan membaca dan menulis anak usia dini. Sukadima Press
Zulaichah, siti. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Tas angka Untuk Menigkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Kelas III. Diakses Pada tanggal 20 maret, pukul 10.59 wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.