Implementasi Literasi Budaya Minangkabau “Kato Nan Ampek” Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2154Keywords:
Literasi Budaya, Minangkabau, Anak Usia Dini, Kato Nan AmpekAbstract
terasi budaya Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini bertujuan mengenalkan adat istiadat, norma, dan nilai-nilai budaya Minangkabau untuk melestarikan serta mengembangkan warisan budaya tersebut. Salah satu elemen penting dari budaya Minangkabau yang perlu diwariskan adalah Kato Nan Ampek, istilah dalam bahasa Minangkabau yang merujuk pada aturan sosial dan norma dalam penggunaan bahasa sesuai dengan konteks hubungan antara pembicara dan pendengar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan literasi budaya Minangkabau, khususnya Kato Nan Ampek, di TK Negeri 2 Padang. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan alat utama pengumpulan data dalam penelitian kualitatif deskriptif ini. Hasil menunjukkan bahwa literasi budaya Minangkabau “Kato Nan Ampek” diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler Budaya Alam Minangkabau (BAM) yang dilaksanakan setelah jam sekolah. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak belajar tentang berbagai aspek budaya Minangkabau, termasuk penerapan Kato Nan Ampek dalam komunikasi sehari-hari. Evaluasi perkembangan literasi budaya anak dilakukan melalui catatan anekdot dan menilai bagaimana anak-anak mengaplikasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka. Kesimpulannya, implementasi literasi budaya Minangkabau di TK Negeri 2 Padang berlangsung dengan efektif melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang memungkinkan anak-anak untuk belajar dan menerapkan nilai-nilai budaya Minangkabau, terutama Kato Nan Ampek dalam kegiatan sehari-hari mereka.
References
Ahsani, E. L. F., & Azizah, N. R. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TENGAH PANDEMI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11, 7–16.
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Aprinta, G. (2013). FUNGSI MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA LITERASI BUDAYA BAGI GENERASI MUDA. V, 16–30.
Arga, H. S. P., & Wulandari, M. A. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal. Journal of Empowerment Community, 3(2), 56–62.
Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.
Azizah, A., & Eliza, D. (2023). Pengembangan Digital Book berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2283–2292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4174
Desyandri. (2018). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 8285, 1–9.
Falimu, Lamadang, K. P., Tampani, Y., Masita, E., Irianto, S., Khartiono, L. D., Pratama, F. F., Rayani, R., Magalhaes, A. D. J., Syamsijulianto, T., Sole, Y. Y. E., & Tahu, F. (2023). Literasi Budaya. www.adpraglobalindo.my.id
Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 344.
Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., & Anam, K. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Pengembangan Game Edukatif Usia Dini melalui. 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Mahartini, K. T. (2019). PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL BAGI ANAK USIA DINI DALAM MENGUSUNG REVOLUSI INDUSTRI 4.0. 357–366. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 36–45. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285
Mayar, F., Suryana, D., & Sari, R. E. (2022). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296
Nurlaili. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229–241. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1518
Pratiwi, Anggi, E. N. K. A. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. 7(1), 65–80.
Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 134–146. https://doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21818
Ramadhani, D. (2023). Manajemen Pendidikan.
Reihan, M., Gusnetti, G., Mahararani, W., & Ulima, Z. (2023). Etika Kato Nan Ampek Dalam Budaya Minangkabau Sebagai Pedoman Dalam Berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 7(1), 64–69. https://doi.org/10.36057/jilp.v7i1.619
Rizqina, A. L. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler Pada Peserta Didik Di Paud It Alhamdulillah Yogyakarta. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.214
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. JURNAL PENJAMINAN MUTU.
Triwardhani, I. J., Mulyani, D., & Putra, R. P. (2023). Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura. 7(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3962
Uce, L. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Utoyo, S., Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2020). Developing Emotional-Social Intelligence of Early Childhood in Long-Distance Family Relationship (LDR) Through The Introduction Of Digital Literacy. Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00017. https://doi.org/10.29037/digitalpress.46382
Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 1–17. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36571/2/SAKINAH MAWADAH R-FAH.pdf
Yaswinda, & Erlina, B. (2022). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PERAN ORANG TUA BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER UNTUK PENGEMBANGAN DIRI ANAK DI TK AN--NADZIR KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR, KOTA PAYAKUMBUH. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(8).
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktaviandari Hardifa, Indra Yeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.