Implementasi Literasi Budaya Minangkabau “Kato Nan Ampek” Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang

Authors

  • Oktaviandari Hardifa Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2154

Keywords:

Literasi Budaya, Minangkabau, Anak Usia Dini, Kato Nan Ampek

Abstract

terasi budaya Minangkabau dalam pendidikan anak usia dini bertujuan mengenalkan adat istiadat, norma, dan nilai-nilai budaya Minangkabau untuk melestarikan serta mengembangkan warisan budaya tersebut. Salah satu elemen penting dari budaya Minangkabau yang perlu diwariskan adalah Kato Nan Ampek, istilah dalam bahasa Minangkabau yang merujuk pada aturan sosial dan norma dalam penggunaan bahasa sesuai dengan konteks hubungan antara pembicara dan pendengar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan literasi budaya Minangkabau, khususnya Kato Nan Ampek, di TK Negeri 2 Padang. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan alat utama pengumpulan data dalam penelitian kualitatif deskriptif ini. Hasil menunjukkan bahwa literasi budaya Minangkabau “Kato Nan Ampek” diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler Budaya Alam Minangkabau (BAM) yang dilaksanakan setelah jam sekolah. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak belajar tentang berbagai aspek budaya Minangkabau, termasuk penerapan Kato Nan Ampek dalam komunikasi sehari-hari. Evaluasi perkembangan literasi budaya anak dilakukan melalui catatan anekdot dan menilai bagaimana anak-anak mengaplikasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka. Kesimpulannya, implementasi literasi budaya Minangkabau di TK Negeri 2 Padang berlangsung dengan efektif melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang memungkinkan anak-anak untuk belajar dan menerapkan nilai-nilai budaya Minangkabau, terutama Kato Nan Ampek dalam kegiatan sehari-hari mereka.

References

Ahsani, E. L. F., & Azizah, N. R. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TENGAH PANDEMI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11, 7–16.

Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Aprinta, G. (2013). FUNGSI MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA LITERASI BUDAYA BAGI GENERASI MUDA. V, 16–30.

Arga, H. S. P., & Wulandari, M. A. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal. Journal of Empowerment Community, 3(2), 56–62.

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Azizah, A., & Eliza, D. (2023). Pengembangan Digital Book berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2283–2292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4174

Desyandri. (2018). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 8285, 1–9.

Falimu, Lamadang, K. P., Tampani, Y., Masita, E., Irianto, S., Khartiono, L. D., Pratama, F. F., Rayani, R., Magalhaes, A. D. J., Syamsijulianto, T., Sole, Y. Y. E., & Tahu, F. (2023). Literasi Budaya. www.adpraglobalindo.my.id

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 344.

Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., & Anam, K. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Pengembangan Game Edukatif Usia Dini melalui. 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287

Mahartini, K. T. (2019). PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL BAGI ANAK USIA DINI DALAM MENGUSUNG REVOLUSI INDUSTRI 4.0. 357–366. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 36–45. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285

Mayar, F., Suryana, D., & Sari, R. E. (2022). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229–241. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1518

Pratiwi, Anggi, E. N. K. A. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. 7(1), 65–80.

Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 134–146. https://doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21818

Ramadhani, D. (2023). Manajemen Pendidikan.

Reihan, M., Gusnetti, G., Mahararani, W., & Ulima, Z. (2023). Etika Kato Nan Ampek Dalam Budaya Minangkabau Sebagai Pedoman Dalam Berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 7(1), 64–69. https://doi.org/10.36057/jilp.v7i1.619

Rizqina, A. L. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler Pada Peserta Didik Di Paud It Alhamdulillah Yogyakarta. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.214

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. JURNAL PENJAMINAN MUTU.

Triwardhani, I. J., Mulyani, D., & Putra, R. P. (2023). Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura. 7(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3962

Uce, L. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Utoyo, S., Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2020). Developing Emotional-Social Intelligence of Early Childhood in Long-Distance Family Relationship (LDR) Through The Introduction Of Digital Literacy. Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00017. https://doi.org/10.29037/digitalpress.46382

Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 1–17. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36571/2/SAKINAH MAWADAH R-FAH.pdf

Yaswinda, & Erlina, B. (2022). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PERAN ORANG TUA BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER UNTUK PENGEMBANGAN DIRI ANAK DI TK AN--NADZIR KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR, KOTA PAYAKUMBUH. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(8).

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320

ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-05

How to Cite

Hardifa, O., & Yeni, I. (2024). Implementasi Literasi Budaya Minangkabau “Kato Nan Ampek” Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 17–26. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2154