PENGARUH DIGITAL LITERASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Rizky Drupadi Universitas Lampung
  • Devi Nawangsasi
  • Nia Fatmawati
  • Sugiana Sugiana

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1084

Keywords:

literacy digital, perilaku social, anak usia dini,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan mengetahui pengaruh literacy digital terhadap perilaku sosial anak usia dini. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif dan berbeda bagi pembelajaran di pendidikan anak usia dini khususnya pembelajaran sosial untuk anak usia dini. Sebuah model pengembangan pembelajaran kempauan sosial yang mampu memberikan warna berbeda dalam proses pembelajaran sosial secara menyeluruh, menyenangkan dan sesuai dengan tahap usia perkembangan anak usia dini yang mengaitkan dengan berbagai aspek perkembangan lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian regresi sederhana. Subyek penelitian ini adalah 23 guru yang memiliki anak usia 4-6 tahun untuk mendapatkan gambaran pengaruh literacy digital terhadap perilaku sosial anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku sosial anak usia dini. Artinya, literasi digital dapat memprediksikan perilaku sosial pada  anak usia dini. Literasi digital memberikan sumbangan efektif sebesar 12,7% terhadap perilaku sosial anak usia dini.

References

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh (Vol. 3, Issue 2) [UIN Ar-Raniriy Darussalam Banda Aceh]. http://library.ar-raniry.ac.id.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gillen, J., Marsh, Jackie, Castro, & dkk. (2018). Towards Better Understandings of the Benefits and Challenges of Digital Technologies in Homes and Early Years Settings. 3, 1–12.

Meyers, E. M., Erickson, I., & Small, R. V. (2013). Digital literacy and informal learning environments: An introduction. Learning, Media and Technology, 38(4), 355–367. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.783597

Munawar, M., Fakhruddin, RC Rifai, A., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 194–197.

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1), 114. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619.

Nasrullah, Rullie, & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p11-24.

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327.

Sujiono, & Nuraini, Y. (2011). Konsep Dasar PAUD. Permata Puri Media.

Susetyo, B. (2017). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Triton, P. B. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi Offest.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-12

How to Cite

Drupadi, R., Nawangsasi, D., Fatmawati, N., & Sugiana, S. (2022). PENGARUH DIGITAL LITERASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 249–265. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1084

Issue

Section

Articles