Hubungan Kelekatan Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1209Keywords:
Kelekatan, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini,Abstract
Pengasuhan yang tidak layak sampai pada kurang nya perhatian orang tua dalam membangun urgensi kelekatan dengan anak bisa menjadi faktor penyebab terjadinya penyimpangan moral.Maka dari itu diperlukan peran orangtua dalam setiap perkembangan anak khusus nya pada penanaman dalam pembiasaan karakter positif pada anak. Hubungan antara orang tua dan anak akan menjadi penentu bagaimana perkembangan anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kelekatan antara orang tua dan anak terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sextional. Subjek pada penelitian adalah wali murid dan guru kelas. Wali murid mengisi angket mengenai kelekatan antara orang tua dan anak , sedangkan guru kelas mengisi angket mengenai pembentukkan karakter anak usia dini. Total subjek yang diteliti ada 36 orang anak usia dini yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dalam bentuk kuisioner, yaitu kuisioner mengenai hubungan kelekatan (attachment) orang tua dan anak yang terbagi menjadi 2 yaitu kuisioner mengenai kelekatan aman (secure attachment) berisii 7 pernyataan , dan kuisioner kelekatan tidak aman (insecure attachment) berisi 5 pernyataan kemudian kuisioner mengenai pembentukkan karakter yang berisi 18 pernyataan. Berdasar pada analisis data yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian bahwa terdapat hubungan antara kelekatan aman (secure attachment) orang tua dan anak terhadap pembentukan karakter anak usia dini dengan perolehan nilai rata-rata 42,9% dan sig 0,009 < α 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kelekatan aman (secure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Sedangkan pada kelekatan tidak aman , tidak terdapat hubungan antara kelekatan tidak aman (insecure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini dengan perolehan nilai rata-rata 4,3% dan nilai sig 0,803 > α 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelekatan tidak aman (insecure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Maka dapat disimpulkan bahwa kelekatan aman (secure attachment) mempunyai hubungan terhadap pembentukan karakter anak usia dini.Â
kata kunci : Kelekatan (Attachment), Pembentukan Karakter Anak Usia DiniÂ
References
Aprillina, I., & Fridayanti, A. (2021). Strategi guru membentuk karakter positif pada siswa di TK Paramount School. Jurnal Seminar Pendidikan Nasional, 3(8), 283–289.
Fadillah, N., Endang Rasmani, U. E., & Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Secure Attachment terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Gugus Mawar Matesih Karanganyar. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 157–163. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.43563
Fatimah, S. (2021). Urgensi Attachment Pada Perkembangan Psikologis Anak: Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan. Yaa Bunayya, 1(1), 1–15.
Jeremy, H. (1993). Jhon Bowlby and Attachment Theory.
Kemen PPA. (2020). Issn 2089-3523. In Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).
Murni, S. (2019). The Role of Family in Handling Negative Emotion and Character Building of Early Childhood. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.24
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Safari, M., & Aryesha, V. (2021). Utilitas Pola Kelekatan Ibu-Anak Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(2), 63–72.
Sari Lia, S. dkk. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947
Valentina, F. A. (2021). Dampak Insecure Attachment Pada Anak Usia Dini. Journal of Research Gate, January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10504.44800
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.