PENGENALAN MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG

Authors

  • Refzi Endah Kurnia Sari Padang State University
  • Rismareni Pransiska

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.812

Keywords:

Pengenalan, Huruf Hijaiyah, Taman Kanak-kanak,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan membaca al-quran pada anak di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa pengenalan membaca al-quran pada anak yaitu dilakukan dengan menggunakan jembatan titian dengan menggunakan benda-benda yang terdekat dengan anak, lalu menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai penunjang proses dalam pengenalan membaca al-quran pada anak. 

Author Biography

Refzi Endah Kurnia Sari, Padang State University

universitas negeri padang, fakultas ilmu pendidikan, prodi pendididkan guru pendidikan anak usia dini.

References

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 116–125. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181 diakses tanggal 26/12/2020

Latif, dkk. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Madyawati, L. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Pt. Remaja Rosda Karya.

Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK

Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Mutiah, D. (2016). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS†Pendidikan Karakter: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermatabat. UNHI Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-08-29

How to Cite

Sari, R. E. K., & Pransiska, R. (2022). PENGENALAN MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 222–235. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.812

Issue

Section

Articles