STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG

Authors

  • sara okta nabila universitas negeri padang
  • Rismareni Pransiska Universitas negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.839

Keywords:

Strategi, Membaca Permulaan, Taman Kanak-kanak,

Abstract

rdasarkan dari observasi yang peneliti lakukan mengenai membaca permulaan di Taman Kanak-kanan Sabbihisma 4 Padang peneliti melihat keunikan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan membaca permulaan, dimana peneliti melihat kurang lebih tiga bulan disemester pertama sekolah, anak telah berada pada tahapan mengenal bacaan atau Take off Reader Stage, dimana pada tahap ini anak sudah mulai menggunakan tiga sistem syarat, yaitu graphoponik yang mana anak sudah mengenal huruf, semantik sudah membentuk kata-kata, dan sintaksis sudah membentuk kalimat. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak, yaitu berpusat pada anak, kemudian strategi melalui bermain, bercerita, dan bernyanyi, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai penunjang proses dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak.

Author Biographies

sara okta nabila, universitas negeri padang

pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas ilmu pendidikan, universitas negeri padang

Rismareni Pransiska, Universitas negeri Padang

dosen pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas ilmu pendidikan, universitas negeri padang

References

Dahlia, Syukri, M., & R, M. (2017). Penerapan Metode Iqro’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (6).

Fahmi, Syabrina, M., Sulistyowati, & Saudah. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 931–940.

Guwa, U., Ngura, E. T., & Dhiu, K. D. (2021). Analisis Teknik Penilaian Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk Satap St. Theresia Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1 (3), 470-478.

Hartiwi. (2016). Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (3), 313–326.

Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. CV Kanaka Media.

Listriani, A., Hapidin, & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 591-598.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Muhyidin, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4 (2), 139–146.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11 (01), 9–16.

Nurmadiah. (2015). Strategi pembelajaran anak usia dini. Al-Afkar: J

urnal Keislaman & Peradaban, 3 (1).

Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 4 (1), 33–38. htps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4 (2), 173–187.

Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-08-09

How to Cite

nabila, sara okta, & Pransiska, R. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 175–192. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.839

Issue

Section

Articles