STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.839Keywords:
Strategi, Membaca Permulaan, Taman Kanak-kanak,Abstract
rdasarkan dari observasi yang peneliti lakukan mengenai membaca permulaan di Taman Kanak-kanan Sabbihisma 4 Padang peneliti melihat keunikan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan membaca permulaan, dimana peneliti melihat kurang lebih tiga bulan disemester pertama sekolah, anak telah berada pada tahapan mengenal bacaan atau Take off Reader Stage, dimana pada tahap ini anak sudah mulai menggunakan tiga sistem syarat, yaitu graphoponik yang mana anak sudah mengenal huruf, semantik sudah membentuk kata-kata, dan sintaksis sudah membentuk kalimat. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa strategi guru dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak, yaitu berpusat pada anak, kemudian strategi melalui bermain, bercerita, dan bernyanyi, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai penunjang proses dalam mengajarkan membaca permulaan pada anak.References
Dahlia, Syukri, M., & R, M. (2017). Penerapan Metode Iqro’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (6).
Fahmi, Syabrina, M., Sulistyowati, & Saudah. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 931–940.
Guwa, U., Ngura, E. T., & Dhiu, K. D. (2021). Analisis Teknik Penilaian Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk Satap St. Theresia Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1 (3), 470-478.
Hartiwi. (2016). Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (3), 313–326.
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. CV Kanaka Media.
Listriani, A., Hapidin, & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 591-598.
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Muhyidin, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4 (2), 139–146.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11 (01), 9–16.
Nurmadiah. (2015). Strategi pembelajaran anak usia dini. Al-Afkar: J
urnal Keislaman & Peradaban, 3 (1).
Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 4 (1), 33–38. htps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4 (2), 173–187.
Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.