Efektivitas Media Pie Chart Modifikasi Untuk Mengenal Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak Baiturridha 2 Lubuk Buaya

Authors

  • Yhara Efkahany Universitas Negeri Padang
  • Rismareni Pransiska Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2239

Keywords:

Early Childhood, Pie Chart, English Language

Abstract

Bahasa Inggris dikenal sebagai satu diantara bahasa asing yang mempunyai peran krusial dalam komunikasi global Pentingnya mengenalkan kosakata bahasa Inggris dari anak disebabkan bisa membantu mereka untuk paham dan menerapkan bahasa Inggris secara baik dan tepat. Pelajaran bahasa Inggris dilaksanakan dengan tujuan membentuk pengenalan pada bahasa, lewat penggunaan konteks dari dari kondisi yang ada. Penelitian ini tujuan meraih informasi seputar efektivitas media pie chart modifikasi untuk mengenal kosa kata bahasa Inggris pada Taman Kanak-kanak (TK) Baiturridha 2 Lubuk Buaya. Metode penelitian memakai kuasi eksperimen, diimana grup eksperimen 10 sampel dan kontrol 10 sampel. Hasil penelitian ini yaitu media pie chart menyumbangkan pengaruh pada upaya mengenalkan kosakata bahasa Inggris untuk anak pada TK Baiturridha 2 Lubuk Buaya. Dengan pemerolehan effect size yang nilainya 1,651 dirah masuk dalam kategori kuat, maka media pie chart pada upaya memperkenalkan kosa-kata bahasa Inggris efektif signifikan. Berdasarkan analisa data penelitian yang diadakan bisa didapatkan Kesimpulan yakni penerapan media pie chart menyumbangkan pengaruh pada upaya memperkenalkan kosa kata bahasa Inggris anak berusia dini dari grup eksperimen yang menerapkan media  pie chart lebih bagus dibanding grgup kontrol dengan rata-rata grup eksperimen.

References

.A.M, W. (2016). The use of vocabulary-games in improving children’s vocabulary in English language learning. Transformatika Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1).

A.Jazuli. (2016). ). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa,. 6(01), 33–40.

AArif, P. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Lmiah Guru “COPE, No. 2 Tahu.

Asher, J. J. (2009). Learning Another Language through Actions. Sky Oak Production.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Jurnal Lenterale. Jurnal Lentera, 3, 18.

Hamdani. (2015). Media Pembelajaran. Cv. Wacana Prima.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1)(102–106).

J.B.Sinaga. (2017). The Effectiveness of Whispering Game to Students’ Listening Skill. Cahaya Pendidikan, 3(1).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133–140.

N, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572.

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 56–63.

Purwaningsih, D. R., Sari, R. P., & Purwandari, G. A. (2017). Implementing thematic songs in seaching vocabulary skills to elementary students in taman baca masyarakat kudi gunung cunil banyumas: penerapan lagu-lagu bertema dalam pengajaran. Lingua Didaktika, 11(2), 2016–2222.

Risaldy, S. (2014). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Luxima.

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Cet (3rd ed.). PT Raja Grafindo Persada.

s.Arief, Sadiman F, A. H. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.

Shi, T. (2018). A Study of the tpr method in the teaching of English to primary school students. Theory and Practice in Language Studies, 8(8), 1088.

Sholeh, Muhammad & Hamzah, A. (2013). Sistem Pendeteksi Kesalahan Pada Kalimat Bahasa Inggris. Jurnal SCRIPT, Vol. 1 No.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). UNP Press.

Swarna. (2019). Pengajaran Mikro; Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Tiara Wacana.

Utoyo, S. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Ideas Publishing.

Yuliani, D. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi Dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. Seling, 3(1), 99–114.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-14

How to Cite

Yhara Efkahany, & Pransiska, R. (2024). Efektivitas Media Pie Chart Modifikasi Untuk Mengenal Kosa Kata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak Baiturridha 2 Lubuk Buaya. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 149–158. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2239