Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang

Authors

  • Ramita Ramita Universitas Negeri Padang
  • Setiyo Utoyo Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1798

Keywords:

Scientific Ability, Experimental Method, Earlychildhood,

Abstract

nelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains anak belum berkembang, seperti kemampuan mengamati, kemampuan mengklasifikasikan, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan mengomunikasikan, dan kemampuan menyimpulkan, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sains, sehingga dengan hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat untuk belajar sains pada anak, dan juga ditemukan bahwa metode yang digunakan kurang memberikan kesempatan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan sainsnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang. Penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk pre- experimental design yang peneliti ambil yaitu one group pretest-posttest design. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini yaitu seluruh anak usia dini yang ada dilingkungan di Taman Kanak- kanak Aisyiyah 11 Kota Padang dengan jumlah sebagai sebanyak 72 orang, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B2 yang dijadikan kelas eksperimen yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji normalitas pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa data di kelas eksperimen berdistribusi normal, dan berdasarkan uji homogenitas di kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh bersifat homogen. Kemudian pada uji hopotesis uji paired sample test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor anak sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan dengan metode eksperimen susu pelangi terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Padang.

Author Biography

Ramita Ramita, Universitas Negeri Padang

Negara Indonesia

References

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Fatmawati, D., & Ningrum, M. A. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Paud Teratai, 8(3), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30458

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Kamtini, K., & Khairani, M. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2), 31. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12091

Kartiyawati, E. K. & R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Koognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 106.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. 3(1), 1–12.

Ma’viyah, A. (2021). Jurnal Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. 3, 97–101. https://ejournal.uin-suka.acc.id/saintek/kiiis/article/download/2990/2333

Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.

Meningkatkan, U., Sains, K., Melalui, A., Inkuiri, M., Kelompok, P., & Tk, B. Di. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B Di Tk Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/201 4. 84–111.

Mirawati, M.,& Nugraha, R. (2017). Menikatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27.

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Muslihin, N. U. & H. Y. (2021). Pemanfaatan Media Permainan Sains Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 54.

Puspa Ardini, Pupung, Velly Sena Edila Abdul, S. U. (2023). Bermain Pasir Buatan dan Koordinasi Mata-Tangan Anak Usia Dini di Gorontalo. Jurnal Efektor, 10(1).

Putri, U. S. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Edisi Ebook.

Setyorini, Evy, P. I. (2018). Pengaruh Pembelajaran Sentra Bahan Alam terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok A di RAUssisaalattaqwa Sumbertempur Puri Mojokerto. The 3 Annual Intenational Coference on Islamic Education.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-Ekologi (PSB Mugi) Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-06

How to Cite

Ramita, R., & Utoyo, S. (2023). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 88–100. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1798