Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1798Keywords:
Scientific Ability, Experimental Method, Earlychildhood,Abstract
nelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains anak belum berkembang, seperti kemampuan mengamati, kemampuan mengklasifikasikan, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan mengomunikasikan, dan kemampuan menyimpulkan, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sains, sehingga dengan hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat untuk belajar sains pada anak, dan juga ditemukan bahwa metode yang digunakan kurang memberikan kesempatan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan sainsnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang. Penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk pre- experimental design yang peneliti ambil yaitu one group pretest-posttest design. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini yaitu seluruh anak usia dini yang ada dilingkungan di Taman Kanak- kanak Aisyiyah 11 Kota Padang dengan jumlah sebagai sebanyak 72 orang, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B2 yang dijadikan kelas eksperimen yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji normalitas pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa data di kelas eksperimen berdistribusi normal, dan berdasarkan uji homogenitas di kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh bersifat homogen. Kemudian pada uji hopotesis uji paired sample test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor anak sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan dengan metode eksperimen susu pelangi terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Padang.References
Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Fatmawati, D., & Ningrum, M. A. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Paud Teratai, 8(3), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30458
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Kamtini, K., & Khairani, M. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2), 31. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12091
Kartiyawati, E. K. & R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Koognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 106.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. 3(1), 1–12.
Ma’viyah, A. (2021). Jurnal Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. 3, 97–101. https://ejournal.uin-suka.acc.id/saintek/kiiis/article/download/2990/2333
Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.
Meningkatkan, U., Sains, K., Melalui, A., Inkuiri, M., Kelompok, P., & Tk, B. Di. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B Di Tk Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/201 4. 84–111.
Mirawati, M.,& Nugraha, R. (2017). Menikatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Muslihin, N. U. & H. Y. (2021). Pemanfaatan Media Permainan Sains Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 54.
Puspa Ardini, Pupung, Velly Sena Edila Abdul, S. U. (2023). Bermain Pasir Buatan dan Koordinasi Mata-Tangan Anak Usia Dini di Gorontalo. Jurnal Efektor, 10(1).
Putri, U. S. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Edisi Ebook.
Setyorini, Evy, P. I. (2018). Pengaruh Pembelajaran Sentra Bahan Alam terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok A di RAUssisaalattaqwa Sumbertempur Puri Mojokerto. The 3 Annual Intenational Coference on Islamic Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-Ekologi (PSB Mugi) Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.