PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BILANGAN DAN AKTIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Reni Sulistina Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Retno Dwi Astuti Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2221

Keywords:

Media Balok Cuisenaire, Penguasaan Konsep Bilangan, Aktivitas Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pengaruh penggunaan media Balok Cuisenaire berpengaruh terhadap pengusaan konsep bilangan anak kelompok Bermain, (2) pengaruh penggunaan media Balok Cuisenaire terhadap aktivitas anak kelompok Bermain, (3) pengaruh penggunaan media Balok Cuisenaire berpengaruh terhadap pengusaan konsep bilangan dan aktivitas anak kelompok Bermain. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimental Design dengan Noneequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada KB Az-Zahwa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Data digali  menggunakan lembar observasi, analisis data statistik deskriptif dan Statistik Inferensial (ANOVA dan MANOVA) dengan alpha < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap penguasaan konsep bilangan, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai nilai Fhitung sebesar 163,303 lebih besar  dari Ftabel sebesar 4,01, (2) penggunaan media  berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap aktivitas anak,  hal ini terbukti dar hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai nilai Fhitung sebesar 9,097 lebih besar  dari Ftabel 4,01, (3) penggunaan media  berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap penguasaan konsep bilangan dan aktivitas anak, hal ini terbukti dari hasil uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikan Fhitung sebesar 13.485 lebih besar  dari Ftabel 4,01.

References

Ahmadi, A., W, S., & S. (n.d.). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Andari, A. (n.d.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-kanak Melalui Pemanfaatan Media Stick. Naskah Publikasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Anggani, S. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan Anak Usia Dini. In Jakarta: Grasindo. Grasindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. In Jurnal Universitas Udayana. ISSN (Vol. 2302). Rineka Cipta.

Boediono, D. (2004). Kurikulum TK dan RA Standar Kompetensi. In Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (pp. 1–40).

Eliyawati, C. (2010). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. In Proceedings of the Royal Society of London. Series A. Mathematical and Physical Sciences (Vol. 11, Issue 2). Departemen Pendidikan Nasional Siswanto.

Jannah, K. A. M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Ardiawan, T. M. K. N., & Sari, M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May). Pustaka Pelajar.

Resnick. (n.d.). Psychologi Of Mathematic For Instruction. lawrence Elrbaum Associates, inc.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Suatu Pengantar. PT Raja GrafindoPersada.

Sudono, A. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta : (Depdiknas). Depdikbud Dirjen Dikti.

Udin Winataputra. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Wahyana. (1986). Pengelolaan Pengajaran Fisika. PT. Rineka Cipta.

Widarmi, & W. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). In Jakarta: PT Indeks. Indeks. http://repository.ut.ac.id/4724/1/PAUD4409-M1.pdf

Yaya Sunarya & Tedi Priatna. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Cv Alfabeta.

Yuliani, N., Sujiono, & Dkk. (2011). Metode Perkembangan Kognitif. In Jakarta:Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.

PlumX Metrics

Published

2024-10-10

How to Cite

Sulistina, R., & Astuti, R. D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BILANGAN DAN AKTIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 80–88. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2221