PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL MELALUI SISTEM BELAJAR DARI RUMAH DI TK AL MURSALAT

Authors

  • Safira Ashfa Khairani

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.565

Abstract

Kegiatan pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak usia dini sangat diperlukan peran serta orang tua untuk memperkuat konsep  pada matematika awal anak selain pengajaran yang di dapat dari sekolah. Namun, ketika munculnya pandemic Coronavirus Disease 2019 semua kegiatan termasuk pembelajaran harus dialihkan ke rumah. Karenanya tulisan ini ingin mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak melalui system belajar dari rumah yang tentunya membutuhkan koordinasi antara guru dengan orang tua. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwasanya dalam penyelenggaraan pembelajaran matematika awal melalui system belajar dari rumah ini berjalan kurang efektif, karena dapat terlihat dari adanya keluhan yang dirasakan oleh guru serta orang tua dirumah. Sehingga memberikan dampak terhadap hasil belajar anak. Pertimbangan yang dilakukan dalam memilih media serta metode yang sesuai, hingga Sulitnya penilaian yang dilakukan oleh guru melalui system belajar dari rumah ini merupakan kendala yang dialami guru dikarenakan guru tidak mengetahui proses yang dilakukan oleh anak. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak melalui system belajar dari rumah ini berjalan kurang efektif dilakukan, karena banyaknya kendala yang dialami oleh guru beserta orang tua yang juga berpengaruh terhadap hasil belajar anak. Orang tua lebih setuju jika pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan system tatap muka disekolah dengan guru, dan juga kemampuan matematika awal anak tidak terstimulasi secara optimal dalam pelaksanaan pembelajaran dengan system belajar dari rumah ini.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-09-29

How to Cite

Khairani, S. A. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL MELALUI SISTEM BELAJAR DARI RUMAH DI TK AL MURSALAT. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 254–267. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.565