PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI METODE MONTESSORI

Authors

  • Naili Sa'ida Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode Montessori. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain action research. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan pemeriksaan keabsahan data menurut Guba meliputi credibility, tranferability, dependability, dan confirmability.  Hasil penelitian menunjukkan data pra tindakan sebesar 40,71 %, siklus I sebesar 74,12 %, dan siklus II sebesar 85,96%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa metode montessori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak

References

Doman, Glenn dan Doman, J. (2005). How To Teach Your Baby To Read. Kaliedo Graphics Service Group.

Hainstock, E. G. (2002). Montessori untuk Pra sekolah (terjemahan). PT Pustaka Delaprasta.

JR, R. E. O. (2012). Language Development An Introduction (New York). Pearson.

Marzano, R. J. (2007). The Taxonomy of Educational Objectives Second Edition. Corwin Press.

Mills, G. E. (2003). Action Research: A Guide for Teacher Research. Pearson Education.

Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind Edisi Bahasa Indonesia. Pustaka Pelajar.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT Indeks.

Seefeldt, C. dan B. A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. PT Indeks.

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Remaja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Susan, J. (2005). How to Help Children Learn. Diglossia.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Prenada Media.

Tarigan, H. G. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Angkasa.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-04

How to Cite

Sa’ida, N. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI METODE MONTESSORI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 123–136. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.770

Issue

Section

Articles