Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB Taam Adinda

Authors

  • Muhammad Syaikhon Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.91

Keywords:

Pengembangan Keagamaan, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB Taam Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik dan  metode yang digunakan oleh pendidik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: Upaya-upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik adalah dengan cara, Pertama memberikan reward (hadiah)  kepada peserta didik karena  telah meraih sebuah prestasi, seperti reward yang diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tilawati dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik, peserta didik yang telah menghafal materi (do’a pilihan, hadis pilihan, surat-surat pilihan dan lain-lain). Kedua, memberikan nasehat kepada peserta didik dengan  bahasa  yang  halus,  lembut,  tidak  melukai perasaan, dan senatiasa mendorong untuk melakukan kebaikan. Nasehat ini bertujuan untuk memberitahukan kepada peserta didik secara perlahan tentang apa yang seharusnya mereka lakukan. Ketiga, melakukan kerjasama dan pertemuan dengan wali murid secara rutin sebagai wadah untuk sharing baik dari pihak sekolah mengenai masalah-masalah sekolah kepada wali murid ataupun sebaliknya. Kerjasama ini juga dilakukan dalam mengadakan kegiatan-kegitan keagamaan khususnya dalam memperingati hari besar islam. Metode yang digunakan KB TAAM Adinda dalam mengembangan keagamaan pada anak usia dini antara lain adalah metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. Metode ini digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di KB TAAM Adinda untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang keagamaan khususnya agama Islam.

References

Abdul Aziz Abdul Majid, al-Qishash fi at-Tarbiyah, terj. Syarif Hade Masyah dan Mahfud L. Hakif, Mendidik Anak Lewat Cerita, Jakarta: Mustaqim, 2003.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.

Ahmad Tanzeh, Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta:Teras, 2009.

Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Depdikbud, Kamus Basar Bahasa Indonesi, (Jakarta: Balai Pusakat, edisi II, Cet IV, 1994.

George S. Morrison, Early Childhood Education Today, Fourth Edition, London: Merill Publishing Company, tth.

Jalaluddin Rahmat, Psikologi Agama; Edisi Revisi 2002,cet. VI, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2002.

Kartini Kartono, Mengenal Dunia Kanak-Kanak, Jakarta: Rajawali, 1985.

Depag RI . Al-Qur'an dan Terjemahnya. Semarang: CV. Toha Putra, 1989.

Maimunah Hasan, PAUD, Jakarta: Diva Press, 2009

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam (Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Muhammad Said Mursi, Melahirkan Ilmu Pendidikan Anak Masya Allah. (Jakarta: Cendekia, 2001), hal. 19.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda Karya, 2000.

Nanik Hidayani, Jawara Tanpa Sekolah, Jogyakarta: Katahari, 2010.

Novan Ardy Wiryani, Bina Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Ratna Megawangi, et.al, Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Suharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya, 2011.

Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam and The Philosophy of Science, Malaysia: International Islamic University,1989.

Tadkirotun Musfiroh, et.al., Cerita dan Perkembangan Anak, Yogyakarta: Navila,2005.

TB. Aat Syafaat, dkk., Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Y. Wiryasumarta, Pentingnya Pendidikan di KB dalam Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2003.

Zakiah Daradjat, Kesehatan Mental, Cet. 9 Jakarta: Gunung Agung, 1998.

--------, lmu Jiwa Agama, (Jakarta: PT Bulan Bintang, 1996.

Moh. Syafiruddin, Metode Tanya Jawab, Diakses dari http://www.syafir.com/2011/01/08/metode-tanya-jawab pada tanggal 7 September 2014 , jam 17.22 WIB

Ramdhan, T. W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi dan Kompetensi Peserta Didik). journal PIWULANG, 1(2), 121-136.

Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118-134.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-03-06

How to Cite

Syaikhon, M. (2020). Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB Taam Adinda. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 111–123. https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.91