Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB Taam Adinda
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.91Keywords:
Pengembangan Keagamaan, Anak Usia Dini,Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB Taam Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik dan metode yang digunakan oleh pendidik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: Upaya-upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik adalah dengan cara, Pertama memberikan reward (hadiah) kepada peserta didik karena telah meraih sebuah prestasi, seperti reward yang diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tilawati dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik, peserta didik yang telah menghafal materi (do’a pilihan, hadis pilihan, surat-surat pilihan dan lain-lain). Kedua, memberikan nasehat kepada peserta didik dengan bahasa yang halus, lembut, tidak melukai perasaan, dan senatiasa mendorong untuk melakukan kebaikan. Nasehat ini bertujuan untuk memberitahukan kepada peserta didik secara perlahan tentang apa yang seharusnya mereka lakukan. Ketiga, melakukan kerjasama dan pertemuan dengan wali murid secara rutin sebagai wadah untuk sharing baik dari pihak sekolah mengenai masalah-masalah sekolah kepada wali murid ataupun sebaliknya. Kerjasama ini juga dilakukan dalam mengadakan kegiatan-kegitan keagamaan khususnya dalam memperingati hari besar islam. Metode yang digunakan KB TAAM Adinda dalam mengembangan keagamaan pada anak usia dini antara lain adalah metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. Metode ini digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di KB TAAM Adinda untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang keagamaan khususnya agama Islam.
References
Abdul Aziz Abdul Majid, al-Qishash fi at-Tarbiyah, terj. Syarif Hade Masyah dan Mahfud L. Hakif, Mendidik Anak Lewat Cerita, Jakarta: Mustaqim, 2003.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.
Ahmad Tanzeh, Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta:Teras, 2009.
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Depdikbud, Kamus Basar Bahasa Indonesi, (Jakarta: Balai Pusakat, edisi II, Cet IV, 1994.
George S. Morrison, Early Childhood Education Today, Fourth Edition, London: Merill Publishing Company, tth.
Jalaluddin Rahmat, Psikologi Agama; Edisi Revisi 2002,cet. VI, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2002.
Kartini Kartono, Mengenal Dunia Kanak-Kanak, Jakarta: Rajawali, 1985.
Depag RI . Al-Qur'an dan Terjemahnya. Semarang: CV. Toha Putra, 1989.
Maimunah Hasan, PAUD, Jakarta: Diva Press, 2009
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam (Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Muhammad Said Mursi, Melahirkan Ilmu Pendidikan Anak Masya Allah. (Jakarta: Cendekia, 2001), hal. 19.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda Karya, 2000.
Nanik Hidayani, Jawara Tanpa Sekolah, Jogyakarta: Katahari, 2010.
Novan Ardy Wiryani, Bina Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Ratna Megawangi, et.al, Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Suharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya, 2011.
Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam and The Philosophy of Science, Malaysia: International Islamic University,1989.
Tadkirotun Musfiroh, et.al., Cerita dan Perkembangan Anak, Yogyakarta: Navila,2005.
TB. Aat Syafaat, dkk., Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Rajawali Pers, 2008.
Y. Wiryasumarta, Pentingnya Pendidikan di KB dalam Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2003.
Zakiah Daradjat, Kesehatan Mental, Cet. 9 Jakarta: Gunung Agung, 1998.
--------, lmu Jiwa Agama, (Jakarta: PT Bulan Bintang, 1996.
Moh. Syafiruddin, Metode Tanya Jawab, Diakses dari http://www.syafir.com/2011/01/08/metode-tanya-jawab pada tanggal 7 September 2014 , jam 17.22 WIB
Ramdhan, T. W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi dan Kompetensi Peserta Didik). journal PIWULANG, 1(2), 121-136.
Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.