MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN MENGENALKAN CERITA RAKYAT
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.94Keywords:
Karakter Anak Usia Dini, Cerita Rakyat,Abstract
Kemerosotan moral bangsa seperti yang terlihat dalam kehidupan masyarakat sekarang ini, salah satunya disebabkan karena hilangnya nilai-nilai karakter dalam diri manusia. Pendidikan karakter bukan saja tugas sekolah, tetapi juga menjadi tugas keluarga dan masyarakat. Waktu terbaik untuk membentuk karakter dimulai sejak anak-anak, karena setelah remaja akan sulit untuk membentuk atau mengubah perilaku buruknya, dari kecil anak harus dididik dan dibiasakan dengan karakter yang baik, agar ketika dewasa karakter yang baik itu sudah tertanah dalam diri mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan anak untuk mendengar atau membaca cerita rakyat yang ada didaerahnya masing-masing. Melalui cerita, guru dan orang tua bisa menceritakan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita, mana tokoh yang baik dan mana tokoh yang jahat, mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak boleh ditiru. Sehingga nantinya diharapkan anak tumbuh menjadi pribadi dengan akhlak terpuji. Ada banyak pesan moral dan nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam cerita rakyat, khususnya cerita rakyat dari Aceh, dengan membaca cerita rakyat anak juga akan lebih mengenal dan mencintai budaya bangsanya sendiri.References
Aryasih, Putu Putri, dkk. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Story Book Panji Sakti, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), ISSN 2252-9063, Volume 3, Nomor 5, Oktober 2013.
Ainusyamsi, Fadlil Y, Pendidikan Karakter di Jepang, Makalah Seminar Internasional dan Workshop Pendidikan Karakter Menuju Terbentuknya Masyarakat yang Berbudi Pekerti Luhur, Bandung: UPI, 2010.
Asmani, J.M, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah,Yokyakarta : Diva Press, 2011.
Ayu, D. Cerita Rakyat Nusantara 34 Provinsi, Jakarta: Wahyu Media, 2015.
Azzet, Akhmat Muhaimin. Urgensi: Pendidikan Karakter di Indonesia, Yokyakarta : Ar-Ruzz Media, 2011.
Asy-Syalhub, Fuad Abdl Aziz. Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah. Jakarta: Darul Haq, 2008.
Barmawi dan Arifin, M. Srategi dan Kebijakan: Pembelajaran Pendidikan Karakter, Yokyakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa, Majalah Policy Brief. Edisi 4 Juli 2011.
Danandjaja, James. Folklor Indonesia, Jakarta: Grafiti Press, 2007.
Edy, Ayah, Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarg,. Jakarta: Tangga Pustaka, 2012.
Jalongo, Mary R. Early Childhood Language Art. USA : Pearson Education, Inc, 2007
Kesuma. Dharma, dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004.
Muryati, Sri. Pendekatan Inkuiri Moral sebagai Alternative Metode Pendidikan Karakter Siswa di SMP. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Volume XX Nomor 4, Oktober 2013
Musbikin, I. Buku Pintar PAUD, Yogyakarta: Laksana, 2010.
Musfiroh, Tadkiroatun, Bercerita untuk Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti, 2005
Nuralla, L dan Imadudin, L, Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler, Bandung: Ruang Kota, 2009, cetakan ke-1.
Nurla Isna Aunillah, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Laksana, 2011.
Rahardjo, Budi Sabar. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia, Jurnal Pendidikan Kebudayaan. Volume 16 Nomor 3 Mei 2010 , Jakarta.
Ramly, Mansyur. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada Penelitian dan Pengembangan pusat kurikulum dan perbukuaan, 2011.
Reza, Marina. A, 108 Cerita Rakyat Terbaik Asli Nusantara, Jakarta: Visimedia, 2013.
Rouf, I dan Ananda, S. 100 Cerita Rakyat Indonesia dari Sabang Sampai Merauke. Jakarta: Anak Kita, 2013.
Sambangsari, S. Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Wahyu Media, 2008.
Sa’ad Karim, Agar Anak tidak Durhaka, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Suparno, Paul, Pendidikan Karakter Solusi Kemerosotan Moral Bangsa, Majalah Opini, edisi 35, Oktober 2008.
Tamiwidiasari, Lagenda Rakyat Nusantara, Yokyakarta: Great Publisher (anggota Ikapi) , 2010.
Widayanti, Ida S. Mendidik Karakter dengan Karakter, Jakarta: Argatilanta, 2012.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.