PENGARUH PENGGUNAAN MODEL VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP IT NURUL FAJAR MEDAN

Authors

  • Alida Zukhairiah Hutapea Universitas Muhammadiyah Sumatera utara
  • Mawaddah Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2178

Keywords:

Prestasi Belajar, Fikih, VAK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana Model Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) telah mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih di SMP IT Nurul Fajar Medan. Penelitian ini melibatkan tiga puluh anak kelas delapan sebagai sampel dan menggunakan desain eksperimen dengan pretest dan posttest satu kelompok. Rata-rata skor pretest 61,97 meningkat menjadi 87,10 pada posttest, yang menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam prestasi belajar siswa setelah adopsi Model VAK, menurut data. Setiap item pernyataan pada uji validitas dan reliabilitas dalam instrumen ditemukan reliabel dan valid. Perbedaan substansial antara hasil pretest dan posttest divalidasi oleh analisis uji-T, yang menunjukkan kemanjuran Model VAK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Singkatnya, Model VAK dapat disarankan sebagai model pembelajaran alternatif di SMP IT Nurul Fajar Medan karena penggunaannya telah meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliffiana, B. "Pengertian Ushul Fiqih dan Fiqih serta Hubungan Antar Keduanya." Maliki Interdisciplinary Journal 1, no. 5 (2023): 552–557.

Derici, R. M., dan R. Susanti. "Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang." Research and Development Journal of Education 9, no. 1 (2023): 414–420.

Hartanti, K. "Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Di SDN Tlogomulyo Temanggung." Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2014): 53–64.

Istiqomah, N., L. Lisdawati, dan A. Adiyono. "Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi Dalam Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah." Iqro: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2023): 85–106.

Mazsalmiina, M. "Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Di MA Salafiyah Simbang Kulon Buaran Pekalongan." IAIN Pekalongan, 2017.

Prabowo, R. A., I. P. A. D. Hita, F. M. Lubis, S. Patimah, E. Eskawida, dan S. Siska. "Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket." Journal on Education 5, no. 4 (2023): 12648–12658.

Rahman, B. P., S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, dan Y. Yumriani. "Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan." Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Rauf, R. A. "Urgensi Ilmu Fiqih Al-Hadits Dalam Memahami Hadis Nabi Muhammad." Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam 25, no. 2 (2023): 156–172.

Rohman, A. N. "Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar)." Cendekia: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 9, no. 2 (2017): 193–210.

Safera, R. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Di Kelas 10 AKT SMKN 1 Al-Mubarkeya." UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2023.

Sari, U. P., V. Syafany, W. S. Hani, dan R. Adillah. "Analisis Kondisi Pembelajaran Yang Harus Disesuaikan Dengan Kebutuhan Siswa." Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 2, no. 2 (2024): 331–344.

Setiawati, N., S. Irene, O. Thomas, R. Alexandro, dan K. N. Putra. "The Effect of Visual Auditory, Kinesthetic Learning Styles on Students’ Learning Interest at Christian Junior High School." Indonesian Journal of Educational Research and Review 6, no. 2 (2023).

Ulfah, U., dan O. Arifudin. "Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan 2, no. 1 (2021): 1–9.

Wathon, A. "Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Kelompok Belajar." Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 1–22.

Yuliana, I. A. "Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Mengintegrasikan Pendekatan Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." International Conference on Humanity Education and Society (ICHES) 3, no. 1 (2024).

PlumX Metrics

Published

2024-08-30

How to Cite

Hutapea, A. Z., & Nasution, M. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP IT NURUL FAJAR MEDAN . Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 427–437. https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2178