RELEVANSI KETELADANAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRADISI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ULAMA TAFSIR

Authors

  • Annisa Muthiah Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta
  • Kharis Syuhud Mujahada Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v9i2.2290

Keywords:

Exemplary Model, Educators, Classical Exegesis

Abstract

This study examines the concept of exemplary educators in Surah Al-Ahzab verse 21 through the interpretations of At-Thobari, Fakhrur Rozi, and Ibn ‘Ashur, focusing on the relevance of the Prophet Muhammad’s model (uswah hasanah) to modern education. Using a library research method and content analysis, the study finds that the three tafsir works offer complementary insights: At-Thobari stresses noble character and professional development, Fakhrur Rozi highlights justice and empathy, and Ibn ‘Ashur emphasizes leadership and moral formation. These findings affirm the Prophet’s example as a practical and holistic guide for value-based Islamic education, both theoretically and in practice.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Asyur, Muhammad AthThahir Ibnu, Tafsir At Tahrīr Wa Tanwīr (Ad Daar At Tunisiyyah Lin Nashr, 1564)

Abdul Ghoni, Anas Mujahiddin, Zaky Mumtaz Ali, ‘RESEPSI KARAKTERISTIK PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM AL-QUR’AN(STUDI LIVING QUR’AN KISAH NABI MUSA DAN KHIDIR DALAM SURAT AL-KAHF DI PESANTREN DARUL QUR’AN MULIA - BOGOR)’, 2021, pp. 209–28, doi:10.30868/at.v7i0

Alviana, Sinta Rahma, and others, ‘PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SEBAGAI WUJUD IMITASI PERILAKU ORANG TUA’, Childhood Education, 4.2 (2023), pp. 1–18

Amri Azhari, Endin Mujahidin, Didin Hafidhuddin, ‘Metode Keteladanan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’a Dan Al-Hadist’, Aicet, I.I (2020), pp. 145–56

AtThobary, Abu Ja’far Muhammad Bin Jarir, Kitab Tafsir At Ṭabary Jāmi’ Al Bayan, ed. by Mahmoud Muhammad Shakir, halabi (Daar Al Tarbiyyah Wa Al Turats)

Dewi Romantika Tinambunan, and others, ‘Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa’, Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2.3 (2024), pp. 77–84, doi:10.61132/yudistira.v2i3.876

Hardi, Etmi, and others, ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan: Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Guru Sejarah Sman Di Kota Padang’, Visipena, 14.2 (2024), pp. 108–21, doi:10.46244/visipena.v14i2.2380

Hildawati, Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa, ed. by Efitra, 1st edn (SONPEDIA.COM PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024)

Irama, Debi, Sutarto, and Syamsul Risal, ‘Implementasi Teori Belajar Sosial Menurut Albert Bandura Dalam Pembelajaran Pai’, Jurnal Literasiologi, 12.4 (2024), pp. 129–39

Jajuli, Jajuli, and Sukarso Ghrazianendri, ‘Tketeladanan Guru Dalam Perspektif Pandangan Al-Qur’an Dan Al-Hadist Melalui Implementasi Kurikulum 2013’, Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4.1 (2019), pp. 207–25, doi:10.31943/afkar_journal.v4i1.69

Linda Urfatullaila, Ima Rahmawati, and Zulfikar Ismail, ‘Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V Di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor’, Primer Edukasi Journal, 1.1 (2022), pp. 43–51, doi:10.56406/jpe.v1i1.9

Marito, Simeon, and Khaola Rachma Adzima, ‘Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD’, Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5.1 (2022), pp. 36–40, doi:10.59632/edukasitematik.v5i1.442

Nur Eliza Mohd Noor, ‘September 2021 Acceptance Date: 30’, 6 (2021), pp. 52–63

Quran, Lajnah Pentashihan Mushaf Al, Al Qur’an Kemenag (Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran, 2022)

Rangkuti, Ahmad Nizar, and Roimah Sari, ‘Deskripsi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika’, Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9.02 (2022), pp. 239–52, doi:10.24952/logaritma.v9i02.4613

Razi, Abu Abdillah Muhammad Bin Umar Bin Al Husain At Taimi Ar, Tafsir Mafatih Al Ghaib (Daar Ihya At Turats Al Arabi, 1999)

Risma, Chintya, and Masgantisit, ‘Analisis Teori Daniel Goleman Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini’, Absorbent Mind, 4.1 (2024), pp. 159–68, doi:10.37680/absorbent_mind. v4i1.5358

Sari, Agustina Purnama, ‘Metode Keteladanan Dan Punishment Yang Terkandung Dalam Al Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Dan Al Qur’an Surat An- Nahl Ayat 125 Menurut Tafsir Al- Misbah Karya M. Quraish Shihab’, no. April (2020), pp. 1–100

Saripah, Ipah, ‘Peran Orang Tua Dan Kketeladanan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10.2 (2016), pp. 19–32

Sri Hafizatul Wahyuni Zain, and others, ‘Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadis’, Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2.4 (2024), pp. 199–215, doi:10.61104/ihsan.v2i4.365

Syaikhu, Ach, ‘Penerapan Metode Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Tawadhu ’ Siswa’

Wulandari, Apri, Safitri Safitri, and Oman Farhurohman, ‘Pentingnya Guru Dalam Pendidikan Inklusif Yang Kompetitif’, Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 17.1 (2024), pp. 39–55, doi:10.33557/jedukasi.v17i1.3139

Zahra Sabrina, Andhin, and others, ‘Integrasi Tarbiyah, Talim Dan Ta’dib : Pilar Utama Pendidikan Islam’, Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1.6 (2024), pp. 33–48 <https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2819>

PlumX Metrics

Published

2025-09-29

How to Cite

Muthiah, A., & Mujahada, K. S. (2025). RELEVANSI KETELADANAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRADISI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ULAMA TAFSIR. Kuttab, 9(2), 329–345. https://doi.org/10.30736/ktb.v9i2.2290