PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SMP IT NURUL FAJAR MEDAN
THE EFFECT OF EXPLICIT INSTRUCTION LEARNING MODEL IN IMPROVING STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN FIQIH SUBJECTS OF CLASS VII SMP IT NURUL FAJAR MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2201Keywords:
Model Pembelajaran, Explicit Intruction, Hasil Belajar, FikihAbstract
Penelitian ini tujuannya untuk menganalisis pengaruh model belajar Explicit Instruction terhadpa peningkatan hasil pembelajaran siswa di mata pelajaran Fiqih dikelas VII SMP IT Nurul Fajar Medan. Pendekatan yang dipakai ialah kuantitatif jenis korelasional. Populasi terdiri dari 30 siswa kelas VII. Teknik dalam mengambil sampel menggunakan probability sampling, dan instrumen yang dipakai berbentuk tes sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian menyatakan bahwasannya model Explicit Instruction memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan pada hasil pengujian Pre-Test dan Post-Test murid kelas VII SMP IT Nurul Fajar Medan, ditemukan peningkatan hasil belajar secara signifikan setelah diterapkannya model Explicit Instruction. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari 55,6 ketika Pre-Test menjadi 85,6 saat Post-Test. Hasil pengujian hipotesis uji Paired Sample Test menunjukan nilai sig (2-tailed) sejumlah 0,000 (<0,05), yang berarti ada pengaruh signifikan dari diterapkannya model pembelajaran Explicit Instruction atas peningkatan hasil belajar siswa di mata pelajaran Fiqih.
Downloads
References
Al-Falaq, Siti, dan Muhammad Direct. 2021. "Surah Al-Falaq Melalui Model Direct Instruction." 1(36): 365–374.
Arends, Richard I. 2001. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Arief, S. Sadiman, dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 6 Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.
Arif, Weni. 2019. "Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA." GEOGRAPHY: Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan 7(2): 20–28.
Faiza, Dian Maya Nuraini. 2021. Jurnal Basicedu, 5(5): 3829–3840.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Maesaroh, Siti. 2013. "Peranan Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam." Jurnal Kependidikan 1(1).
Novitalia, Riska. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mia 1 di MAN Pangalaram.” Thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Oktarina, Reni. 2017. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiah Islamiyah Cempaka Palembang."
Rahman, Guzali. 2018. "Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Materi Bola Besar (Sepak Bola) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Di Kelas IV SDN Kelampaian Uli Kecamatan Astambul." Jurnal Tarbiyah Darussalam. 2(1).
Setiawan, Heru Rachmat. 2021. Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahfitri, Ria, dan Heru Rachmat Setiawan. 2020. "Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dimasa Pandemi Covid-19." Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 1(1): 23.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.
Yuca, Hasan. 2022. Novel Drug Targets with Traditional Herbal Medicines: Scientific and Clinical Evidence. https://doi.org/10.1007/978-3-031-07753-1_7%0A%7D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Yusrawani Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.