PENGUATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GERLACH AND ELY: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2277Keywords:
Kecerdasan Emosional, Gerlach and Ely, Strategi PengajaranAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengkaji integrasi kecerdasan emosional ke dalam pembelajaran dengan menerapkan model Gerlach and Ely yang berorientasi pada pendekatan yang sistematis. Penguatan kecerdasan emosional mencakup pengelolaan emosi, empati, keterampilan sosial, serta motivasi diri yang dapat meningkatkan interaksi sosial dan hasil belajar siswa. Dengan menitikberatkan pada dimensi emosional, model pembelajaran ini membantu peserta didik dalam mengelola emosi dan peningkatan dalam proses belajar. Model pembelajaran Gerlach and Ely menunjukkan bahwa efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan inklusif, dimana peserta didik lebih termotivasi dan mampu mengatasi tantangan emosional. Dengan demikian penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi kecerdasan emosional dalam setiap tahap pembelajaran untuk membentuk individu yang lebih peka secara sosial dan emosional.
Downloads
References
Agustini, Ni Ketut, I Wayan Sujana, and I Ketut Adnyana Putra, ‘Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat’, Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2.1 (2019), p. 131, doi:10.23887/jp2.v2i1.17620
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual (Prenada Media, 2017)
Azimahrani Hasibuan, Nirwana, Supriadi, Mardianto, and Suridah, ‘Pengembangan Model Strategi dan Media Pembelajaran PAI’, Education & Learning, 1.2 (2021)
Baghdad Afero and Adman, ‘Peran Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa (The Role of Emotional Intelligence as a Factor in Affecting Student Independence Learning)’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1.1 (2016), pp. 215–23
Bariyyah, Khairul, and Leny Latifah, ‘Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenjang Kelas’, JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4.2 (2019), p. 68, doi:10.29210/02379jpgi0005
Daimah, ‘Aplikasi Model Pembelajaran Gerlach & Ely dalam Merekonstruksi Materi Sejarah Kebudayaan Islam tentang Bani Umayyah di Kelas XI MAN 3 Sleman Yogyakarta’, Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10.2 (2019), p. 139
Damayanti, Putri Surya, Angga Putra, and Ija Srirahmawati, ‘Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9.3 (2021), pp. 348–56, doi:10.26618/equilibrium.v9i3.5992
Daniel Goleman, Kiat-Kiat Membesarkan Anak Yang Memiliki Kecerdasan Emosional, 1st edn (PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Dewa Gede Sujana, Nyoman Dantes, and Ni Ketut Widiartini, ‘Penaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Seni Musik pada Siswa Kelas V SD Bali Public School Denpasar’, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5.1 (2015), pp. 1–9
Diyah Nur Fauziyyah Amin, Tuti Nuriah, and Sarkadi, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMAI Al-Azhar 4 Kemang Pratama Kota Bekasi’, Jurnal Pendidikan Sejarah, 6.1 (2017), pp. 11–18
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence (Bantam Books, 1995)
Indriawati, Prita, ‘Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan’, Jurnal Pendidikan Edutama, 5.2 (2018), p. 1, doi:10.30734/jpe.v5i2.183
Irda Yusnita, R. Masykur, and Suherman, ‘Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis’, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7.1 (2016), pp. 29–38
Januar Barkah and Fahmi Hidayat, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.2 (2023), p. 12481
Levine, Murray, Douglas D. Perkins, and David V. Perkins, Principles of Community Psychology: Perspectives and Applications, 3. ed (Oxford Univ. Press, 2005)
Nelawati, Andrizal, and Ikrima Mailani, ‘Penerapan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 020 Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi’, Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS, 1.2 (2020), p. 85
Nur Laili Fitriyani, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Terhadap Kemampuan Spasial dan Self Awareness Siswa Kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta’ (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018)
Rahmawati Eka Saputri, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 3.4 (2018), p. 102
Risty Meilani, Mugiadi, and Yulina Hamdan, ‘Model Desain Pembelajaran Gerlach and Ely untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar’ (unpublished Jurnal Skripsi, Lampung, 2014)
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, kedua (Rajawali Pers, 2021)
Samsudin, Samsudin, and Junaidin Junaidin, ‘Prinsip-Prinsip Dan Model Desain Dalam Pembelajaran’, Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12.1 (2022), pp. 65–74, doi:10.47625/fitrah.v12i1.361
Shabani, Jafar, Siti Aishah Hassan, Aminah Ahmad, and Maznah Baba, ‘Exploring the Relationship of Emotional Intelligence with Mental Health among Early Adolescents’, International Journal of Psychological Studies, 2.2 (2010), p. p209, doi:10.5539/ijps.v2n2p209
Shafaunnida, Arzi, and Abdul Muhid, ‘Kecerdasan Manusia Menurut Al-Qur’an: Literatur Riview’, Jurnal Pendidikan Islam, 8.2 (2022), pp. 180–204, doi:10.37286/ojs.v8i2.156
Tohid Moradi Sheykhjan, Dr. Kamran Jabari, and Dr. Rajeswari. K, ‘Emotional Intelligence and Social Responbility of Boy Students in Middle School’, Conflux Journal of Education, 2.4 (2014), p. 34
Wahyudin Nur Nasution, ‘The Effects of Inquiry-Based Learning Approach and Emotional Intelligence on Students’ Science Achievement Levels’, Journal of Turkish Science Education, 15.4 (2018), pp. 105–15, doi:10.12973/tused.10249a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Annisa Fitria, Abdul Muhid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.