KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DI MAN KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Nabila Khairunnisa Wahdarohmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hamdanah IAIN Palangkaraya
  • Surawan IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2377

Keywords:

Kesiapan Belajar, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Keagamaan

Abstract

Kemampuan guru dalam membangun kesiapan belajar siswa merupakan aspek fundamental dalam proses pembelajaran yang efisien dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan guru dalam membangun kesiapan belajar siswa pada pembelajaran keagamaan di MAN Kota Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru mata pelajaran Fikih, Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, dan SKI. Analisis data yang diterapkan mengacu pada model Milles dan Huberman, yang mencakup proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam membangun kesiapan belajar siswa. Signifikansi ini tentu saja tetap tergantung pada bagaimana guru mampu menerapkan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, pemberian motivasi, serta pemanfaatan media pembelajaran yang relevan kepada peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan menjadi rujukan bagi penelitian lanjutan terkait pengelolaan kelas dan kesiapan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdullah, Sinta Rowina, Nabila Khalda, Aminah Aminah, Elva Syafadila, Khaerun Nisa, and others, ‘Peningkatkan Kualitas Calon Guru Pada Mata Kuliah Praktek Mengajar 1 Di IAIN Palangka Raya’, Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4.1 (2024), 121–30 <https://doi.org/10.54082/jippm.431>

Adam, Muh Wahyuddin S, Riyanti Ismail, Sasri Ali, and Ana Sisilia, ‘Dampak Pemberian Apresiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, 3 (2025)

Agung, Dewa Agung Gede, ‘Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4.1 (2021), 1 <https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8>

Amrullah, M K, and M F Muin, ‘Motivasi Ektrinsik Pada Siswa Smp IT Insan Mulia Batanghari’, Qualitative Research in Educational Psychology, 1.01 (2023), 33

Apsarini, Shabira, and Liza Barlianty, ‘Kesiapan Belajar Siswa Kelas Iv B Di Sekolah Dasar Negeri Kutajaya Ii Kecamatan Pasarkemis’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.1 (2020), 164–69 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara>

Arum, Dini Sekar, Efikasi Diri, Strategi Pembelajaran, Kreativitas Guru, and Orang Tua, ‘Strategi Pembelajaran Dalam Penguatan Motivasi Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa’, 3.1, 37–47

Azizah, Nur, Ine Febrian Maharani, Universitas Islam, and Nahdlatul Ulama, ‘Kesiapan Belajar Siswa SD Di Tinjau Dari Kebiasaan Mandi Pagi’, 2021, 2025

Deodor, Mardje Alianti, Febrilinsi Morintoh, Juwinner Dedy Kasingku, and Nofry Frans, ‘Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Literatur’, JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8.2 (2023), 507–14 <https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5472>

Depri Aprianto, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Mi Al-Ittihaad Pasir Kidul Kec. Purwokerto Barat Kab. Banyumas, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha, 2022

Elysa, ‘Implementasi Metode Bervariasi Dalam Pembelajaran Fikih Kelas X Program Studi Pendidikan Agama Islam’, 2023

Fitriani, Abd Samad, and Khaeruddin, ‘Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa’, Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2.3 (2014), 192–202

Fitroh, Siti Qur’aini, ‘Inovasi Model Strategi Atau Metode Pembelajaran’, Confrence Of Elementary Studies, 1999, 2023, 670–75

Hamdanah, Zainap Hartati, and Nabila Khairunnisa Wahdarohmah, Menjadi Guru Hebat Dalam Membangun Kesiapan Belajar Perspektif Pendidikan Islam Abad 21, 2024

Hanifah, Hasna Nur, Rokhimah Nurhidayah, Batul Hanifah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, and others, ‘PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI’, 2 (2024), 112–27

Harahap, Neni Fitriana, Dewi Anjani, and Nabsiah Sabrina, ‘Analisis Artikel Metode Motivasi Dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa’, Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1.3 (2021), 198–203 <https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121>

Harefa, Edward, Achmad Ruslan Afendi, Perdy Karuru, Sulaeman, and Alice Yeni Verawati Wote, Buku Ajar: Teori Belajar Dan Pembelajaran, 2024

Hasanah, Uswatun, ‘Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Di Min 1 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023’, Nucl. Phys., 13.1 (2023), 104–16

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, and others, Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik), PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023 <https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf>

HERMANSYAHYA, ‘PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTsS ULUMUL QUR’AN’, 3.2 (2021), 6

Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati, Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Pertiwi Kecamatan Rappocini Kota Makassar, 2018, III

Indah, Reski Alma, and Muhyiatul Fadilah, ‘Literature Review : Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA’, Biodik, 10.2 (2024), 188–98 <https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33803>

Iskandar, Sofyan, Primanita Solihah Rosmana, Lisa Nabilah, and Yosi Anggia Margaret Tambunan, ‘Penataan Ruang Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, 8 (2024), 1–9

Iskandar, Wahyu, ‘Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Dasar, 3.2 (2019)

Iverson, Brent L, and Peter B Dervan, Materi Tentang Hadist-Hadist Sosial Kemasyarakatan

Juanda, Nadila, Sekolah Tinggi, Agama Islam, Negeri Bengkalis, Najwa Az-zahra, Sekolah Tinggi, and others, ‘PEMANFAATAN METODE TANYA JAWAB DALAM AL- QUR ’ AN’, 1.1 (2024), 1–14

Junaidi, Junaidi, ‘Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar’, Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3.1 (2019), 45–56 <https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349>

Magdalena, Ina, and Jihan Luthfiyah, ‘Strategi Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 Di Sd Negeri Tangerang 5’, EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2.1 (2020), 151–68 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi>

Mashudi, Mashudi, ‘Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21’, Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4.1 (2021), 93–114 <https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187>

Mauliddiyah, Nurul L, ‘Penggunaan Metode Yang Bervariasi, Seperti Diskusi Kelompok, Ceramah, Dan Tanya-Jawab, Bertujuan Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Interaktif Dan Menyesuaikan Kebutuhan Siswa’, 2021, 6

Mazrur, Surawan, and Yuliani, ‘Kontribusi Kompetensi Sosial Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa’, Attractive : Innovative Education Journal, 4.2 (2022), 281–87

Moh. Roqib, Nurfuadi, Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat Di Masa Depan, 2020

Nafisah, Zakiyatun, and Aang Kunaepi, ‘Urgensi Strategi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar’, 14.1 (2025), 17–26

Novansyah, Fauzan, Atep Iman, Difqi Faza Umary, Duta Vioni, and Ibnu Khoirul Anaam, ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Daring’, Vocational Education National Seminar (VENS), 1.1 (2022), 82–86 <https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VE>

Olang, Jemry Bernabas, and Robert Harry Soesanto, ‘Upaya Guru Dalam Mengatasi Kebingungan Siswa Menggunakan Metode Ceramah Plus Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Daring’, Didaktika : Jurnal Kependidikan, 16.2 (2023), 114–28 <https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i2.1960>

Paritta, Lady, Puji Sulani, and Warsito Warsito, ‘Kesiapan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pascapandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Dharma Putra Tangerang’, Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna, 14.2 (2024), 70–78 <https://doi.org/10.69835/sati.v14i2.517>

Rahmasari, Diah, ‘Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, Jurnal Citra Pendidikan, 3.3 (2023), 1075–79 <https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1831>

Rahmat sinaga, Basuki, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017’, Kode: Jurnal Bahasa, 7.1 (2018), 79–88 <https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113>

Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia, MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK

———, ‘Psikologi Pendidikan’, 112

Rustandi, Jajang, and Mirta Anthoni, ‘Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al Qur ’ an Hadits Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah’, 1.2 (2024), 175–200

Salamun, Ana Widyastuti, Syawaluddin, Rini Nafsiati Astuti Iwan, Janner Simarmata, Ester Julinda Simarmata, and others, Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif, 2023

Saputra, Wendi, and Muqowim Muqowim, ‘Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran SKI: Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Di Kota Pekanbaru’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6.4 (2024), 4048–56 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7143>

Sardiman, ‘Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar’, Annals of Tourism Research, 2018, 1–2 <http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444>

Sari, Dwi Wulan, M. Isa Anshori, Alviani Nur Baiti Rohmah, and Widya Wulan Dari, ‘Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Urgensinya Dalam Menghadapi Era Society 5.0’, Kuttab, 7.1 (2023), 45 <https://doi.org/10.30736/ktb.v7i1.1460>

Sari, Indah, and Tasman Hamami, ‘Pengembangan Metode Flipped Classroom Dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.4 (2022), 5744–53 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3420>

Sefani, Lyna Latifah, ‘Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas Xi Is Sma Negeri 14 Semarang’, Economic Education Analysis Journal, 6.1 (2020), 36–46

Surawan, ‘Dinamika Dalam Belajar (Kajian Dalam Psikologi Pendidikan)’, 2020, 194

Surawan, Surawan, ‘Peningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta’, Journal of Classroom Action Research, 1.1 (2019), 29–30 <https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239>

Surawan, Surawan, and Salsabila Asyifana DLT, ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Insecurity Pada Siswa Sman 01 Palangka Raya’, Kuttab, 6.2 (2022), 260 <https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1145>

Tishana, Annisa, Dio Alvendri, Arief J. Pratama, Nizwardi Jalinus, and Rijal Abdullah, ‘Filsafat Konstruktivisme Dalam Mengembangkan Calon Pendidik Pada Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Kejuruan’, Journal on Education, 5.2 (2023), 1855–67 <https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826>

Ulfa, Juliah Sri, ‘Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI MTS Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang’, 2016, 1–23 <http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/1709>

Utami, Annisa Hapsari, and Attin Warmi, ‘Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika’, Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2019, 617–22

Wahdarohmah, Nabila Khairunnisa, and Abdullah, ‘Pendampingan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar Melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa IAIN Palangka Raya’, 5, 2024

Wijaya, Luh Ade Intan Suciati, Ni Made Pujani, and Luh Mitha Priyanka, ‘Analisis Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Pada Masa New Normal Di SMP Negeri 4 Singaraja’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5.2 (2022), 187–98 <https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.53314>

Yeni Verawati Wote, Alice, and Jefrey Oxianus Sabarua, ‘Ilmu Sosial Dan Humaniora Analisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Di Kelas’, Kamboti, 2020, 1–12

Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam, ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.3 (2024), 61–68 <https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843>

Zahrouddin, Muhammad Alba’, ‘BEBERAPA PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013’, 2020

Zaturrahm, ‘Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur’, Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00.00 (2017), XX–XX <https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00>

PlumX Metrics

Published

2025-03-12

How to Cite

Nabila Khairunnisa, Hamdanah, & Surawan. (2025). KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBANGUN KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DI MAN KOTA PALANGKA RAYA. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 70–89. https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2377