PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Mutiara Umi Nauli Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Widya Masitah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2202

Keywords:

game based learning, Pendidikan Islam, Berfikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak model pembelajaran berbasis permainan (Game Based Learning) terhadap keaktifan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kelas IX dalam pembelajaran Agama Islam di SMP Swasa Istiqlal Delitua. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuanitatif eksperimen yang dilakukan dengan melibatkan dua kelompok siswa yang masing-masing terdiri dari 25 orang: satu kelompok eksperimen yang menerapkan model GBL dan satu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 23 untuk Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (79,36) dibandingkan dengan kelompok kontrol (69,28). Temuan ini mengkonfirmasi bahwa penerapan model GBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini mendukung penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan keaktifan berpikir ktiris siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A study of the role of Islamic spirituality in happiness of Muslim citizens. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–5. https://doi.org/10.4102/hts.v77i4.6655

Dipani, M. A. (2023). Inovasi Metode Pembelajaran menggunakan Game-Based Learning (GBL) untuk Memotivasi Pelajar Innovative. Prosiding SAINTEK, 2(1), 2962–3545.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293–304.

Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988

Khaerunnisa, K., Latri, L., & Lestari, R. (2022). Penerapan Metode Games Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 516–520. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26574

Khaidir, M., & Qorib, M. (2023). Metode Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Taimiyah Dalam Kitab Tazkiyatun Nafs. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v7i1.18942

Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development of Parenting Models in Improving Children’s Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769–776. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1692

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1).

Ningsih, N. L. A. B. H. (2023). The Importance of Game-Based Learning in English Learning for Young Learners in the 21st Century. The Art of Teaching English as a Foreign Language, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.36663/tatefl.v4i1.492

Oktavia, R. (2022). Game Based Learning Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa. OSF Preprints, 1–7.

Setiawan, H. ., & Abrianto, D. (2022). Menjadi Pendidik Profesional. In Umsu Press.

Setiawan, H. R. & Widya Masitah. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47–67. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1081

Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 8 Jilid 2 (8th ed.). Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

PlumX Metrics

Published

2024-09-08

How to Cite

Mutiara, & Masitah, W. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM . Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 489–501. https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2202