IMPLEMENTASI PROGRAM JUM’AT AMAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TUKKA
THE IMPLEMENTATION OF THE FRIDAY CHARITY PROGRAM IN SHAPING THE SOCIAL CARE CHARACTER OF STUDENTS AT SMA NEGERI 1 TUKKA
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2180Keywords:
Jumat Amal, Kepedulian Sosial, Peserta DidikAbstract
Dalam proses Pendidikan, penguatan karakter menjadi salah satu orientasi penting. Kajian ini bertujuan untuk mendiskusikan penguatan karakter melalui program Juma tamal yang di diterapkan oleh SMA Negeri 1 Tukka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada tiga topik pembahasan, yaitu, proses pelaksanaan Jumat Amal, pembentukan nilai-nilai karakter melalui program Jumat Amal, dan pengaruh program Jumat Amal terhadap pengembangan karakter kepedulian sosial siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Jumat Amal memiliki konstrubusi penting dalam program penguatan karakter dalam konteks kepedulian sosial. Dengan catatan, jika program ini dilakukan secara konsiten, disiplin, dan penuh kesadaran sehingga membentuk kesadaran kolektif dan habitus peserta didik.
Downloads
References
Aisyah. Pendidikan Karakter : Konsep Dan Implementasinya. Edisi Pert. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Anggito, A,. & Setiawan, J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Arifin, Gus. Keutamaan Zakat Infak Dan Sedekah. Jakarta: Jakarta : PT Alex Media Kompitundo, 2016.
Aritonang, Muhibbah. “Analisis Manajamen Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Prestasi Siswa Masuk Perguruan Tinggi Favorit (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Tukka Tapanuli Tengah).” Studi Kasus. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2021.
Choirul, Muhammad. “Penerapan Pendidikan Karakter Sosial Melalui Shadaqah Jum’at Pada Kelas IV Di MI As-Syuhada Tlogosari Kulon Semarang Tahun Ajaran 2019/2020.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2020.
Darajat, A. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Program Pembiasaan Infak: Studi Kasus Di SDN Umbul Tengah 1 Kota Serang.” Universitas Pendidikan Indonesia Kampung Serang, 2021.
Enghariano, Desri Ari. “KONSEP INFAK DALAM AL-QUR’AN Oleh.” Jurnal Al-Maqasid: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan volume 6, no. 1 (2020): 101.
Fadillah, M. & Lilif M. K. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta, 2013. Ar-Ruz Media.
Faturrohman, P. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.
Fuadi, A. Konsep Dasar Pendidikan. Bengkilas-Riau: Bengkilas-Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.
Hasan. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Jakarta: Kemendikbud, 2010, 2010.
Koesoema, D. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Cetakan 5. Jakarta: Grasindo, 2023.
Maryati, Iyam, and Nanang Priatna. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2017): 333–44. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.456.
Nur, N. A. “Implementasi Kegiatan Infaq Dan Shadaqah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember.” Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
Riffi, L. F. “Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Jumat Infak Sebagai Penanaman Karakter Peduli Di MI Ma’arif Mayak Ponogoro,” 2019.
Robiansyah, F., & Faizah, S. N. “DEVELOPMENT OF STUDENTS CHARACTERS AT PRIMARY SCHOOL THROUGH THE SEVEN-MINUTE EDUCATION (KULTUM) PROGRAM.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2019. https://www.semanticscholar.org/paper/DEVELOPMENT-OF-STUDENTS-CHARACTERS-AT-PRIMARY-THE-Robiansyah-Faizah/72a355ff7a4db0473d572a33ee974e8e367059e0.
Vita Heni Wibowo. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Jum’at Beramal Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi.” IAIN Ponorogo, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febri NurIndah Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.