Pengaruh Pemahaman Iklan Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Atika Nurul Aulia, Ruli Astuti

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemahaman iklan audio visual dengan keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional melalui analisa data dengan menggunakan  uji regresi. Sampel pada penelitian ini adalah 22 siswa kelas V di SD Negeri Banjarsari Kabupaten Sidoarjo. Perolehan hasil data penelitian ini membuktikan bahwa, 1) Adanya pengaruh signifikan antara pemahaman iklan audio visual terhadap keterampilan menyimak sebesar 18,9% sedangkan 81,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati. 2) Pemahaman iklan audio visual terhadap keterampilan berbicara siswa mempunyai pengaruh sebesar 25,8% sedangkan 74,2% dan sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak diamati. 3) Pengaruh pemahaman iklan audio visual terhadap dengan keterampilan menyimak dan berbicara siswa sebesar 27,8% dan 72,2% lainnya dipengaruh oleh faktor lain. Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman iklan audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar.

Abstract: This research aims to analyze the influence of understanding audio-visual advertising on elementary school students' listening and speaking skills. The approach used in this research is a quantitative correlational approach through data analysis using regression tests. The sample in this study was 22 class V students at SD Negeri Banjarsari, Sidoarjo Regency. Obtaining the results of this research data proves that 1) There is a significant influence between understanding audio-visual advertising and listening skills at 18.9%. In comparison, the other 81.1% is influenced by other variables that are not observed. 2) Understanding audio-visual advertising on students' speaking skills influences 25.8% while 74.2% and the rest is caused by other variables that are not observed. 3) The influence of understanding audio-visual advertisements on students' listening and speaking skills is 27.8%, and other factors influence the other 72.2%. So, it is concluded that understanding audio-visual advertisements influences the listening and speaking skills of elementary school students.

Keywords


Pemahaman siswa, iklan audio visual, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara

References


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Aditama, W. B., Widiani, N., Zohdi, S., & Mukarromah, A. (2022). Implementasi Strategi Active Learning dengan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD. Journal of Science and Education Research, 1(1).

Aidilafitri, D., Azizah, E., Giyantika, F. N., Anjani, J. F., Imanulloh, M. A., Aliyah, S. N. J., Wulan, N. S., & Mustikaati, W. (2021). Pelatihan Menyimak Cerita melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas 3 SDN 3 Nagri Tengah. Lentera Karya Edukasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-33-4

Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.199

Arifin, M. B. U. B., & Aunillah, A. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan. UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-33-4

Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-19-5

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, 266–270.

Astuti, R. (2017). Buku Ajar Bahasa Indonesia MI/SD: Teori Sastra dan Linguistik. UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-69-0

Endah, N., Muharam, A., & Hidayat, E. (2021). Analisis Penerapan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Siswa dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 922–929.

Fauziyyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang. 2(1), 1–19.

Haryemi, I., Fitriyah, W. A., & Sumadi, C. D. (2023). Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa di SDN Telang 2. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3). https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.344

Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & SB., N. S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter melalui Penerapan Metode Task Based Activity dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15095

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741

Pratiwi, R., & Zulfadewina. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247–1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069

Saddhono, K., & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Karya Putra Darwati.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sari, D. C. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14696/

Sari, M. A., Hambali, D., & Resnani. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 186–193. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.186-193

Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1923–1928. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2385

Simarmata, R. K. (2021). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V di SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1242

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukma, H. H., Martaningsih, S. T., & Purnomo, A. A. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas II SD Negeri 09 Batur Banjarnegara. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 27–36.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik. Penerbit K-Media.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tarigan, H. G. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.

Wardani, L. (2019). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.11

Wulan, N. S., Mustikaati, W., Azizah, E., & ... (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita bagi Siswa Sekolah Dasar di Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSSE), 2(1), 65–70. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/34270%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/download/34270/19317




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Atika Nurul Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.