Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Kuni Muntafiah Jamilah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Zaenul Fitri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.998

Abstract

Abstrak: Pendidikan di abad 21 mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring perkembangan zaman yang semakin maju. Salah satunya terlihat dari sistem penilaian yang sebelumnya bersifat tradisional berubah menjadi penilaian yang autentik. Penilaian autentik bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik baik dari aspek afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Pada pelaksanaannya masih banyak yang mengalami kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik kelas IV MI Unggulan Al Falah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada pembelajaran tematik kelas IV MI unggulan Al Falah guru telah melaksanakan penilaian autentik. Penilaian autentik yang dilakukan dapat ditinjau dari 3 aspek, yaitu perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan hasil penilaian. Perencanaan dilakukan dengan menyusun RPP yang di dalamnya terlampir instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu observasi, tes tulis, proyek, dan unjuk kerja. Pada tahap pelaksanan, sebagian penilaian belum sesuai dengan rancangan yang dibuat. Adapun pengolahan penilaian autentik dilakukan setiap akhir semester.

Abstract: Education in the 21st-century has developed rapidly in this advanced era. One of them is the assessment system that was previously traditional, turning into an authentic assessment. Authentic assessment aims to determine the students’ ability from the affective, cognitive, and psychomotor aspects. However, there are still many obstacles in its implementation. This study aims to describe the implementation of authentic assessment in thematic learning of class IV, Islamic Elementary (MI) Superior Al Falah. This study used a qualitative approach with a case study method. The data were collected through observation, interviews, and documentation techniques. The data were analysed using Miles and Huberman’s analysis technique. The results showed that the teacher implemented an authentic assessment in the thematic learning. Such assessment could be viewed from three aspects, namely the planning, the implementation, and the processing of the assessment results. The planning stage was done by compiling the lesson plans with the assessment instruments. The assessment instruments included an observation sheet, a written test, a project, and performances. In the implementation stage, some of the assessments were not in accordance with the design made. The processing of the results of the authentic assessment was carried out at the end of each semester.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.

Dasmalinda, D., & Hasrul, H. (2020). Penerapan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 94–103. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.29000

Fitri, A. Z., & Maunah, B. (2013). Model Authentic Assesment. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 di Kelas Rendah. Journal of Primary Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.7370

Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47076/jkpis.v3i1.36

Imtihan, N., Zuchdi, D., & Istiyono, E. (2017). Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 6(1), 63–80. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/schemata.v6i1.836

Lawa, selfina T. M. N., .P.Ate, C., & Vera.R.Bulu. (2022). Sistem Penilaian Autentik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37792/pemimpin.v2i1.404

Ma’ruf, M. (2019). Teacher Problematics in Authentic Assessment Implementation in 2013 Curriculum At Al-Muslim Elemtary School Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 88. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12886

Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Matofiani, R., & Prastowo, A. (2022). Implementasi Asesmen Autentik Al-Qur’an Hadits: Studi Kasus Al-Islam Giwangan Yogyakarta. JIE (Journal of Islamic Education), 7(1), 1. https://doi.org/10.52615/jie.v7i1.221

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif “Edisi Revisi.†Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutafidoh, S., & Wibowo, E. W. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Primary, 09(01), 79–90. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/418

Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 08(2), 209–229. Retrieved from https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/84

Nurani, H., Artharina, F. P., & . K. (2019). Analisis Pelaksanaan Penilaian Kognitif Berbasis Kurikulum 2013 Sabiul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 172. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17625

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 8(2), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295

Prastowo, A. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3525

Rosyidah, dewi L., Dewi, N. O., Mufida, U., & Swari, D. R. (2021). Problematika Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ). Jurnal Inovatif, 7(2), 47–69. https://doi.org/https://doi.relawanjurnal.id/home/main

Rusdiana. (2018). Penilaian Autentik (Konsep, Prinsip, Dan Aplikasinya). Bandung: CV Pustaka Setia.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotor Siswa pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal of Physics and Science Learning, 2(1), 78–84. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/628

Susilo. (2019). Kendala Guru SD Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 935–942. Palembang: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Tamrin, M., Lubis, R. R., Aufa, A., & Harahap, S. A. (2021). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 127–142. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.57

Wulandari, A. O., Utomo, C. B., & Suryadi, A. (2019). Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30327

Yunita, L., Agung, S., & Noviyanti, Y. (2017). Penerapan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(2), 107–114. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/107-114

PlumX Metrics

Published

2022-09-10

How to Cite

Jamilah, K. M., & Fitri, A. Z. (2022). Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 96–110. https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.998