PERAN KEPEMIMPINAN KH. ABDULLAH SHIDDIQ DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM GLAGAH LAMONGAN

Aridlah Sendy Robikhah, Riska Dwita Sari

Sari


The research entitled Leadership Role of KH. Abdullah Shiddiq in Shaping the Character of Santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum Glagah Lamongan. Using this type of qualitative research -phenomenology, the purpose of this study was to determine the role of leadership in shaping the character of students at the Bustanul Ulum Islamic Boarding School Glagah Lamongan. From the results of this study, the first in the form of Kyai Abdullah Siddiq's leadership is very firm, friendly, responsible, disciplined, and able to be an example for everyone. The second is the process of character building at the Bustanul Ulum Islamic Boarding School which is carried out in several ways, such as giving examples, habituation, advice and motivation, supervision, prohibitions or rules, and punishments. Moreover, the last is the leadership role of Kyai Abdullah Shiddiq, which is summarized in three points: an interpersonal role or role model for the community, decision role or Kyai as decision making, and Kyai as an information role or source of information in controlling the lives of students.

Kata Kunci


Kepemimpinan, Kyai, Pembentukan Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achidsti, Sayfa Auliya. “Eksistensi Kyai dalam Masyarakat”, Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 12, No. 2, 2014.

Al-Ghazali, Muhammad. Akhlak Seorang Muslim. Semarang, Wicaksana, cet IV, 1993.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bawani, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas, 1990.

Bisri, Mustofa. Percik Percik Keteladanan Kyai Ahmad Pasuruan. Rembang: Lembaga Informasi dan Studi Islam Yayasan Ma’had as-salafiyah. 2003.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Bustanul Ulum, Pondok Pesantren Observasi, Tanggungprigel Glagah Lamongan. 2 Desember 2020.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: 1994.

Duryat, Masduki. Kepemimpinan Pendidikan (Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan). Bandung : CV. Alfabeta. 2016.

Efendi, Nur. Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren. Yogyakarta: Teras, 2014.

Erna Widodo dan Mukhtar. Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: 2000.

Fadillah, dan M Kharis. Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Modern Gontor Darussalam). Gontor:At Ta’did, 2015.

Fuad, Munawir dan Mastaki. Menghidupkan Ruh Pemikiran KH. Ahmad Siddiq. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Gunawa, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Hafidh, Zaini. “Peran Kepemimpinan Kyai dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis”. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 215, No. 2, 2017.

Ikmal, Hepi, Pengembangan Kurikulum; Teori Dan Aplikasi (Lamongan: CV. Pustaka Ilalang, 2018)

Kamil P, Gurniwan. “Pembentukkan Karakter melalui Pendidikan Sosiologi”. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 11, No. 1, 2015.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.

Lubis, Saiful Ahyar. Konseling Islam dan Pesantren. Yogyakarta: Elsaq Presss, 2007.

Maharani Ramadhani. Dkk, “Pembentukkan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time)”, Jurnal Educate, Vol. 4, No. 1, 2019.

Masrur, Mohammad. “Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 2017.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Mulyono, Hadi. “Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi”, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. Vol. 3, No. 1, 2018.

Nasir, Nurlatipah. “Kyai dan Islam dalam Mempengaruhi Perilaku Memilih Masyarakat Kota Tasikmalaya”. Jurnal Politik Profetik, Vol. 6, No. 2, 2015.

Nasution, Robby Darwis. “Kyai sebagai Agen Perubahan Sosial dan Perdamaian dalam Masyarakat Tradisional”. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 19, No. 2, 2017.

Patoni, Achmad. Peran Kyai Pesantren dalam Partai Politik. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

Putra Bahrum, Syazhashah dan Inggrid Wahyuni Sinaga. “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai”, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 3, No. 2, 2015.

Qomar, Mujamil. Pesantren (Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi). Jakarta: Erlangga, 2002.

Salutondok, Y, A.S. Soegoto. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat DPRD Kota Sorong” Jurnal Penelitian. Vol. 3 No. 3. 2015.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2015.

Suismanto. Menelusuri Jejak Pesantren. Yogyakarta: Alief Press, 2004.

Suprayogo, Imam. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian, Jakarta: CV. Rajawali. 1986.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.616

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :