PERAN KEPEMIMPINAN KH. ABDULLAH SHIDDIQ DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM GLAGAH LAMONGAN

Authors

  • Aridlah Sendy Robikhah Universitas Islam Lamongan
  • Riska Dwita Sari Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.616

Keywords:

Kepemimpinan, Kyai, Pembentukan Karakter

Abstract

The research entitled Leadership Role of KH. Abdullah Shiddiq in Shaping the Character of Santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum Glagah Lamongan. Using this type of qualitative research -phenomenology, the purpose of this study was to determine the role of leadership in shaping the character of students at the Bustanul Ulum Islamic Boarding School Glagah Lamongan. From the results of this study, the first in the form of Kyai Abdullah Siddiq's leadership is very firm, friendly, responsible, disciplined, and able to be an example for everyone. The second is the process of character building at the Bustanul Ulum Islamic Boarding School which is carried out in several ways, such as giving examples, habituation, advice and motivation, supervision, prohibitions or rules, and punishments. Moreover, the last is the leadership role of Kyai Abdullah Shiddiq, which is summarized in three points: an interpersonal role or role model for the community, decision role or Kyai as decision making, and Kyai as an information role or source of information in controlling the lives of students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achidsti, Sayfa Auliya. “Eksistensi Kyai dalam Masyarakatâ€, Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 12, No. 2, 2014.

Al-Ghazali, Muhammad. Akhlak Seorang Muslim. Semarang, Wicaksana, cet IV, 1993.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bawani, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas, 1990.

Bisri, Mustofa. Percik Percik Keteladanan Kyai Ahmad Pasuruan. Rembang: Lembaga Informasi dan Studi Islam Yayasan Ma’had as-salafiyah. 2003.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Bustanul Ulum, Pondok Pesantren Observasi, Tanggungprigel Glagah Lamongan. 2 Desember 2020.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: 1994.

Duryat, Masduki. Kepemimpinan Pendidikan (Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan). Bandung : CV. Alfabeta. 2016.

Efendi, Nur. Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren. Yogyakarta: Teras, 2014.

Erna Widodo dan Mukhtar. Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: 2000.

Fadillah, dan M Kharis. Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Modern Gontor Darussalam). Gontor:At Ta’did, 2015.

Fuad, Munawir dan Mastaki. Menghidupkan Ruh Pemikiran KH. Ahmad Siddiq. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Gunawa, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Hafidh, Zaini. “Peran Kepemimpinan Kyai dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamisâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 215, No. 2, 2017.

Ikmal, Hepi, Pengembangan Kurikulum; Teori Dan Aplikasi (Lamongan: CV. Pustaka Ilalang, 2018)

Kamil P, Gurniwan. “Pembentukkan Karakter melalui Pendidikan Sosiologiâ€. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 11, No. 1, 2015.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.

Lubis, Saiful Ahyar. Konseling Islam dan Pesantren. Yogyakarta: Elsaq Presss, 2007.

Maharani Ramadhani. Dkk, “Pembentukkan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time)â€, Jurnal Educate, Vol. 4, No. 1, 2019.

Masrur, Mohammad. “Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantrenâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 2017.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Mulyono, Hadi. “Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggiâ€, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. Vol. 3, No. 1, 2018.

Nasir, Nurlatipah. “Kyai dan Islam dalam Mempengaruhi Perilaku Memilih Masyarakat Kota Tasikmalayaâ€. Jurnal Politik Profetik, Vol. 6, No. 2, 2015.

Nasution, Robby Darwis. “Kyai sebagai Agen Perubahan Sosial dan Perdamaian dalam Masyarakat Tradisionalâ€. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 19, No. 2, 2017.

Patoni, Achmad. Peran Kyai Pesantren dalam Partai Politik. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

Putra Bahrum, Syazhashah dan Inggrid Wahyuni Sinaga. “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawaiâ€, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 3, No. 2, 2015.

Qomar, Mujamil. Pesantren (Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi). Jakarta: Erlangga, 2002.

Salutondok, Y, A.S. Soegoto. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat DPRD Kota Sorong†Jurnal Penelitian. Vol. 3 No. 3. 2015.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2015.

Suismanto. Menelusuri Jejak Pesantren. Yogyakarta: Alief Press, 2004.

Suprayogo, Imam. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian, Jakarta: CV. Rajawali. 1986.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.

PlumX Metrics

Published

2021-03-17

How to Cite

Robikhah, A. S., & Sari, R. D. (2021). PERAN KEPEMIMPINAN KH. ABDULLAH SHIDDIQ DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM GLAGAH LAMONGAN. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 48–63. https://doi.org/10.30736/ktb.v5i1.616