Pengaruh Media Video Animasi Kancil Terhadap Kemampuan Mengenal Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Simpang Empat

Authors

  • Fharizyan Nabila C Universitas Negeri Padang
  • Sri Hartati Universitas Negeri Pdang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1362

Keywords:

Animasi Kancil, Matematika Awal, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang berkembangnya kemampuan mengenalmatematika awalanak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa signifikan pengaruh penggunaan media animasi kancil terhadap kemampuan mengenal matematika awal anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat.Teknik pengamblan sampelnya Purposive sampling, yakni kelas B7 serta B8 yang setiap kelas berjumlah 13 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Untuk melihat seberapa berpengaruh video animasi terhadap kemampuan mengenal matematika awal anak menggunakan SPSS 22 for windows.Pengujian hipotesis dengan teknik Independent sample t-test dengan SPSS 22 for windowsyang menunjukkan tingkat signifikan 0.008. Hasil dari penelitian terlihat bahwa varians data N-gain (peningkatan data sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran)  untuk kelas eksperimen yaitu meggunakan animasi kancil dan kelas kontrol menggunakan kartu angka dan gambar yakni sama ataupun homogeny. Selanjutnya berdasar tabel  tersebut di ketahui nilai sig (2tailed) yakni 0,08<0,05. Sehingga bisa disimpulkan jika terdapatnya pengaruh besar dari video animasi terhadap kemampuan mengenal matematika awal anak.Dengan begitu bisa disimpulkan terdapatnya perbedaan pengaruh yang signifikan (nyata) antara pembelajaran menggunakan video animasi kancil dengan perlakuan yang diberi oleh guru dalam pengenalan matematika awal anak menggunakan kartu angka dan gambar.

Author Biography

Fharizyan Nabila C, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah Teori dan Praktik. Pilar Nusantara.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1).

Dewi, N. W. U. R., & dkk. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi". Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 9 (1).

Firmansyah, A., & Kurniawan, M. P. (2013). Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul “Kancil Dan Siputâ€. Jurnal Ilmiah DASI, 14(4).

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Stategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.

Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta.

Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Maimunah, H. (2010). ). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.

Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2).

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. PARADIGMA, 21(2).

Silitonga, M. K., & Rosida, S. (2015). Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia Tsunami Early Warning System (INATEWS). Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 4 (2).

Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Pranadamedia Grup.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal, 6 (2).

Yulsofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. (Sukadina Press).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-11

How to Cite

C, F. N., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Kancil Terhadap Kemampuan Mengenal Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Simpang Empat. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 111–118. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1362

Issue

Section

Articles