Pelaksanaan Media Pembelajaran Video Animasi Youtube “Kastari Sentra†Di Taman Kanak-Kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1401Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Youtube, Anak Usia Dini,Abstract
Peneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra†di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutupPeneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra†di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutup.
References
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. . PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional., (2013).
Kustandi, C. , & D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Lauroza, S. P., & Hartati, S. (2019). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TK ISLAM DAUD KHOLIFAHTULLOH TABING PADANG INFLUENCE OF IMAGE MEDIA ON CHILDREN’S STORYTELLING ABILILITIES IN TK ISLAM DAUD KHOLIFATULLOH TABING PADANG. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Lilis, M. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
Pransiska. (2013). jurnal buk siska. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan:Pedagogi, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4287.
Rima, E. W. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Sadiman, A. , & dkk. (2014). Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada.
STMIK NUSA MANDIRI Jakarta, S. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Journal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.31294/jkom
Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Tahdin, T. (2021). BAB V PROSEDUR PEMILIHAN DAN PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA. Dalam Media Pembelajaran.
Yuniarni, D. (t.t.). PERAN PAUD DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DEMI MEMBANGUN MASA DEPAN BANGSA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.