Pelaksanaan Media Pembelajaran Video Animasi Youtube “Kastari Sentra” Di Taman Kanak-Kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang

Authors

  • Ratih feronica Padang state university
  • Sri Hartati Padang state university

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1401

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Youtube, Anak Usia Dini,

Abstract

Peneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra†di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu  melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutup

Peneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra†di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu  melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutup.

Author Biographies

Ratih feronica, Padang state university

Department of early childhood education

Sri Hartati, Padang state university

Department of early childhood education

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. . PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional., (2013).

Kustandi, C. , & D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Lauroza, S. P., & Hartati, S. (2019). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TK ISLAM DAUD KHOLIFAHTULLOH TABING PADANG INFLUENCE OF IMAGE MEDIA ON CHILDREN’S STORYTELLING ABILILITIES IN TK ISLAM DAUD KHOLIFATULLOH TABING PADANG. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index

Lilis, M. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Pransiska. (2013). jurnal buk siska. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan:Pedagogi, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4287.

Rima, E. W. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Sadiman, A. , & dkk. (2014). Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada.

STMIK NUSA MANDIRI Jakarta, S. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Journal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.31294/jkom

Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Tahdin, T. (2021). BAB V PROSEDUR PEMILIHAN DAN PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA. Dalam Media Pembelajaran.

Yuniarni, D. (t.t.). PERAN PAUD DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DEMI MEMBANGUN MASA DEPAN BANGSA.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-03

How to Cite

feronica, R., & Hartati, S. (2023). Pelaksanaan Media Pembelajaran Video Animasi Youtube “Kastari Sentra” Di Taman Kanak-Kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 19–27. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1401

Issue

Section

Articles